Home ยป BP Batam Bakal Review Kouta Import Barang

BP Batam Bakal Review Kouta Import Barang

IDNNews.id, Batam – Deputi III Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi BP Batam, Sudirman Saad menegaskan akan melakukan review terkait izin kouta import barang.

Hal tersebut ungkapannya pasca-digeruduknya Kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam oleh ratusan reseller pada Senin (27/1/2020) pagi.

“Setelah adanya pertemuan kemarin, kami akan menyampaikan aspirasi dari pihak UMKM online atau reseller yang menolak adanya PMK 199/2019 yang mengakibatkan pembatasan bea masuk barang yang turun hingga 3 Dollar Amerika Serikat dari 75 dollar,’ jelasnya .

Intinya, tambahnya, kehadiran mereka dalam forum tersebut sebenarnya mempertanyakan kenapa sampai jauh sekali penurunannya dari adanya PKN 199/2019 tersebut.

“Pada dasarnya mereka bukalah menolak peraturan itu, namun meminta agar penurunan tidak sejauh itu,” tegasnya.

Baca Juga  Polda Kepri Amankan Tersangka PMI Ilegal bersama 6 Korbannya

Pihaknya pun berjanji akan menyampaikan usulan tersebut ke Kementerian Keuangan. Mengingat, untuk merubah nilai tersebut bukanlah kewenangan BP Batam, melain dari Pemerintah Pusat.

“Kebijakan pemerintah pusat dalam mengambil langkah penurunan angka bea masuk hingga US 3 Dollar Amerika, sebelumnya juga telah melibatkan perwakilan para pedagang online. Serta kebijakan tersebut, tentunya dengan pertimbangan dan perhitungan matang dan tidak akan menimbulkan kerugian bagi para reseller online,” jelasnya.

Sudirman juga menambahkan, pentingnya review kuota yang akan dilakukan oleh BP Batam terbilang disengaja.

Dimana hal ini sebagai cara dalam menekan angka peredaran produk import, yang kemudian diedarkan kembali ke beberapa wilayah di Indonesia.

“Barang konsumsi boleh masuk ke Batam dan bebas bea masuk dan PPN 10 persen. Dan itu hanya boleh diperdagangkan bagi wisatawan yang datang ke Batam, dan bagi masyarakat Kota Batam. Tidak untuk diedarkan kembali ke area luar Batam,” paparnya. (Iman Suryanto)


DomaiNesia