Home » KEK Hang Nadim Batam Jadi Daya Tarik Investasi

KEK Hang Nadim Batam Jadi Daya Tarik Investasi

IDNNews.id, Batam – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Edy Putra Irawady menegaskan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bandara Internasional Hang Nadim Batam nantinya akan menjadi sebuah ‘angin segar’ dalam mendorong pertumbuhan industri dan ekonomi di sekitar kawasan tersebut.

Dengan adanya KEK di Hang Nadim ini, nantinya akan menjadi daya tarik bagi Investor untuk mengembangak bisnis mereka. Dan di kawasan ini, nantinya akan lebih memudahkan para investor untuk berusaha serta pengurusan izin.

Kepala BP Batam Edy Putra Irawady

“FTZ itu nampan atau place holder-nya, sementara diatasnya ada KEK Hang Nadim yang dilengkapi dengan beragam fasilitas. Diantaranya fasilitas tax holiday hingga kemudahan lainnya. Termasuk menjual produk BTA ke dalam negeri dengan fasilitas Inland FTA,” jelasnya.

Selain itu, fasilitas yang ada di KEK juga ditambah lagi dengan fasilitas yang sudah ada sebelumnya di FTZ. Seperti fasilitas fiskal berupa peniadaan pungutan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dan tentu saja Pajak Penghasilan (PPh) bagi para pelaku bisnis.

“Intinya lebih banget. Invetasi bisa PMA 100 persen. Serta izin-izin usahanya terintegrasi dan tidak satu-satu,” tegasnya.

Dan ketika disinggung kapan penerapan KEK di kawasan Hang Nadim Batam ini diberlakukan, pihaknya menegaskan masih menunggu adanya revisi Peraturan Pemerintah (PP) ditingkat Pemerintah Pusat.

“Masih dibahas Dewan Nasional,” terangnya lagi.

Sebagaimana diketahui, KEK di kawasan ini dinilai sangat memanjakan investor. Contohnya, apabila ada Industri Perakitan Pesawat Terbang di Hang Nadim. Maka setiap komponen pesawat yang didatangkan dari luar negeri, tidak dikenakan beberapa item biaya.

Setelah pesawat itu jadi dan dirakit. Apabila pesawat itu dikirimkan untuk permintaan dalam negeri, juga tidak akan dikenakan PPN. Selain Hang Nadim, BP Batam menegaskan ada KEK lagi yakni Nongsa Digital Park, dan E-Commerce Regional Hub For Performance Trading. (Iman Suryanto)

Baca Juga  Dalam Kondisi Hujan, Kapolda Kepri Cek Kesiapan Pengamanan Menggunakan Sepeda

DomaiNesia

Berita Terkait