Home » BP Batam Siapkan Dokumen Terkait Lelang di Tender Pengelolaan Air Bersih di Batam

BP Batam Siapkan Dokumen Terkait Lelang di Tender Pengelolaan Air Bersih di Batam

Ilustrasi air bersih
Ilustrasi air bersih

IDNNews.id, Batam – Badan Pengusahaan (BP) Batam akan konsen dalam pengelolaan air bersih di Batam pasca-dipegang oleh PT Adhya Tirta Batam (ATB) selama 25 tahun.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar saat dihubungi IDNNews Group menegaskan bahwa saat ini BP Batam tengah mempersiapkan berbagai hal terkait proses lelang tersebut.

“Dimana saat ini sudah memasuki proses penyusunan dokumen terkait tender,” Jelas Dendi.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar
Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar

Ketika disinggung sudah berapa perusahaan dan negara asal yang tertarik dalam tender pengelolaan air bersih di Batam, dengan lugas Dendi mengaku pihaknya belum memonitor jauh. Mengingat, pihaknya masih fokus pada proses penyusunan dokumen tersebut.

“Sampai saat ini, kita masih dalam fokus penyusunan dokumen, saya belum monitor berapa perusahan dan dari negara mana yang akan ikut dalam tender air tersebut,” jelasnya.

Baca Juga  Kembangkan Talenta Unggul Tersertifikasi, Telkomsel Gelar IndonesiaNEXT

Hal senada juga diungkapkan Tim Pengendali Teknis Monitoring dan Evaluasi (Monev) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Batam, Arham S Torik. Ia pun menegaskan tender pengelolaan air di Batam nanti akan melalui dua tender, yakni tender di hilir dan hulu.

“Pengelolaan di hulu, nantinya akan dimulai dari daerah tangkapan air (DTA), waduk, hingga instalasi pengolahan air (IPA). Sementara, di hilir mulai dari Non Revenue Water (NRW), distribusi air bersih hingga pelayanan,” terangnya.

Siapa pun pemenangnya, tambahnya, nantinya tidak boleh dikuasai kedua-duanya (mulai dari hulu ke hilir,red), mengingat sudah ada Undang-Undang Sumber Daya Air dimana saat ini pengelolaan air bersih tidak boleh dilakuakn mulai dari hulu dan hilir. Namun harus dipilih.

Baca Juga  Pemko Bakal Tata Kawasan Galang hingga Batuaji. 'Akan Ada Air Mancur di Bundaran'
Ilustrasi air bersih
Ilustrasi air bersih

Dimana nantinya pihak Swasta hanya sebagai operator dan pemeliharaan saja. Dan untuk mengikuti prises tender ini, tambahnya, Badan Pengusahan (BP) Batam tengah mempersiapkan berbagai kriteria, sekaligus melakukan kajian mengenai pembentukan badan usaha.

”Februari akan dimulai lelangnya. Sehingga di akhir Maret sudah bisa kita umumkan pemenangnya,’ terangnya. (Iman Suryanto)


DomaiNesia