Home » BP Batam: Tender Pengelolaan Air Bersih Akan Dimulai Februari 2021

BP Batam: Tender Pengelolaan Air Bersih Akan Dimulai Februari 2021

Ilustrasi air bersih
Ilustrasi air bersih

IDNNews.id, Batam – Pasca-beralih dari ATB ke PT Moya Indonesia, pengelolaan air bersih di Batam bakal kembali beralih ke pengelola air yang baru pada Februari 2021 mendatang. Namun peralihan ini, tentunya harus melalui proses tender terlebih dahulu.

Hal tersebut diungkapkan Tim Pengendali Teknis Monitoring dan Evaluasi (Monev) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Batam, Arham S Torik saat jumpa pers dengan awak media ada Kamis (7/1/20210 sore.

Nantinya, lelang tender pengelolaan air bersih ini akan ada dua tender. Yakni di Hilir dan Hulu.

“Pengelolaan di hulu, nantinya akan dimulai dari daerah tangkapan air (DTA), waduk, hingga instalasi pengolahan air (IPA). Sementara, di hilir mulai dari Non Revenue Water (NRW), distribusi air bersih hingga pelayanan,” terangnya.

Baca Juga  Bakamla Amankan 2 Super Tanker 'Kencing' di Perairan Indonesia
Ilustrasi air bersih
Ilustrasi air bersih

Siapa pun pemenangnya, tambahnya, nantinya tidak boleh dikuasai kedua-duanya (mulai dari hulu ke hilir,red). Namun harus dipilih. Dimana nantinya pihak Swasta hanya sebagai operator dan pemeliharaan saja.

Dan untuk mengikuti prises tender ini, tambahnya, Badan Pengusahan (BP) Batam tengah memper­siapkan berbagai kriteria, sekaligus melakukan kajian mengenai pembentukan badan usaha.

”Februari akan dimulai lelangnya. Sehingga di akhir Maret sudah bisa kita umumkan pemenangnya,’ terangnya.

Sebagaimana diketahui, di masa transisi sekarang ini, operator pengelola air di Batam dijalankan oleh PT Moya Indonesia selaku operator Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Batam untuk 6 bulan, terhitung sejak pertengahan November 2020 hingga pertengahan Mei mendatang.(Iman)


DomaiNesia