Home » BREAKINGNEWS: Polisi Tetapkan Ratna Sarumpaet Tersangka

BREAKINGNEWS: Polisi Tetapkan Ratna Sarumpaet Tersangka

Ratna Sarumpaet

IDNNews.id, Jakarta – Penyidik Polda Metro Jaya menetapkan Ratna Sarumpaet sebagai tersangka. Ratna sebelumnya dilaporkan ke polisi karena hoax berita penganiayaan.

“Sudah tersangka,” kata Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian sebagaimana dilansir detik, Kamis (4/10).

BACA: Hendak ke Luar Negeri, Ratna Sarumpaet Diamankan Polisi di Bandara Soekarno-Hatta

Ratna Sarumpaet diamankan tim Jatanras Polda saat berada di Bandara Soekarno-Hatta.

“Ya, sudah kita amankan nih, lagi di bandara, nih. Statusnya kemarin panggil saksi. Tapi, karena dia mau melarikan diri, ya kita naikkan jadi tersangka,” ujar Jerry.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Argo Yuwono mengatakan Ratna Sarumpaet dilaporkan ke Polda Metro Jaya gara-gara hoax penganiayaan.

Baca Juga  Polda Kepri Amankan Pelaku Tindak Pidana Pornografi dan ITE

“Untuk kasus Bu Ratna, ada empat laporan polisi sementara di Polda Metro Jaya. Yang bersangkutan sebagai terlapor, nanti kita penyelidikan,” ujar Argo.

Ratna Sarumpaet sudah mengakui berbohong mengenai penganiayaan. Polri sebelumnya juga membeberkan temuan fakta yang menyanggah pernyataan-pernyataan pihak terkait Ratna soal penganiayaan.

BACA: Tak Terima Disebut Sebar Hoaks, Fadli Zon Tuding Balik Jokowi

Ini Alasan Ratna Sarumpaet ke Chile

Ratna Sarumpaet mengaku dikirim Dinas Pariwisata DKI Jakarta ke Chile. Apa kepentingan Pemprov DKI, jika memang benar demikian, sampai harus membiayai Ratna ke negara di Amerika Latin itu? Begini penjelasan Ratna.

“Saya ini sebenarnya sebagai senior advisornya konferensi itu. Jadi para penulis internasional itu saya di sana semacam senior advisornya. Jadi saya memang diundang khusus untuk membuka,” ucap Ratna kepada detikcom, Kamis (4/10).

Baca Juga  Telkomsel Tambah Investasi US$300 Juta ke Gojek

Konferensi yang disebut Ratna diakunya sebagai konferensi penulis naskah teater internasional.

BACA: Projo Laporkan Badan Pemenangan Nasional Capres-Cawapres Nomor Urut 2 ke Bawaslu

Menurut Ratna, pada tahun 2007 konferensi serupa pernah digelar di DKI Jakarta dan saat ini undangan dari Chile disebut Ratna disampaikan padanya.

“Jadi kenapa DKI merasa berkepentingan mengirim Ratna? Ya karena tahun 2007 konferensi yang sama pernah digelar oleh DKI Jakarta, di Indonesia, saat itu hadir Nawal El Saadawy. Waktu itu Gubernurnya masih Sutiyoso. Jadi itu alasan kuat kenapa DKI perlu membiayai saya atas undangan Chile,” ucap Ratna.

Ratna sebelumnya diamankan saat sudah duduk di dalam pesawat. Kabag Humas dan Tata Usaha Ditjen Imigrasi Agung Sampurno mengatakan ada permintaan pencegahan dari Polda Metro Jaya atas nama Ratna. Belakangan polisi menyebut Ratna sudah berstatus tersangka.(*)


DomaiNesia