Home » Budayakan Pembayaran Nontunai, LinkAja Gandeng Marlin Booking

Budayakan Pembayaran Nontunai, LinkAja Gandeng Marlin Booking

IDNNews.id, Batam – Perkembangan teknologi yang kian pesat memunculkan pola hidup yang lebih cashless society atau non-tunai.

Dimana istilah ini lahir dari kondisi berkurangnya penggunaan uang fisik karena tergantikan uang elektronik.

Masyarakat pun menyambut baik transaksi nontunai. Hal ini juga didukung oleh banyaknya promo yang diberikan oleh penyedia layanan uang digital untuk mendorong penetrasi penggunaan di masyarakat.

Hampir setiap hari transaksi keuangan sudah mulai berganti menggunakan uang digital, baik berbentuk kartu debit maupun kredit hingga aplikasi dompet digital yang dengan mudahnya diakses melalui ponsel.

Hal ini juga semakin gencar dilakukan Telkomsel melalui Link aja. Sebelumnya LinkAja hadir sebagai opsi sumber pembayaran pada aplikasi pemesanan tiket transportasi darat dan udara, kini LinkAja bekerjasama dengan Marlin Booking, aplikasi pemenang Telkomsel The NextDev 2017, hadir pada digitalisasi pelabuhan dan operator kapal feri.

Diman hal ini, lebih kepada memberikan kemudahan bagi pengguna aplikasi untuk memesan tiket dan melakukan pembayaran secara elektronik.

Aplikasi Marlin Booking sendiri, meliputi layanan pemesanan tiket kapal online, sistem eticketing, dan pengembangan aplikasi mobile untuk operator feri, yang akan membantu pengguna untuk bepergian menuju pelabuhan pelabuhan rute domestik maupun internasional.

Untuk harga tiket yang ditawarkan cukup bervariatif, dimulai dari kisaran Rp100 ribu untuk rute domestik dan kisaran Rp300 ribu untuk rute internasional.

Selain menyediakan tiket untuk penyeberangan kapal, pengguna dapat memesan tiket atraksi dan melakukan transkasi secara digital dengan LinkAja untuk hiburan domestik maupun mancanegara seperti waterbom Bali, universal studio di Singapura, maupun hiburan hiburan menarik lainnya di Malaysia, Korea, Thailand, Australia, Macau, Hongkong, Filipina, dan Jepang.

Direktur Operasi LinkAja Haryati Lawidjaja mengaku sangat antusias oleh adanya kerja sama tersebut.

Baca Juga  Asosiasi Jasa Kepelabuhan Batam Tolak Rencana Pelabuhan Batu Ampar oleh Konsorsium BUMN

Dengan hadirnya LinkAja sebagai salah satu opsi pembayaran nontunai pada aplikasi Marlin Booking sejalan dengan komitmen LinkAja untuk memperluas akses digitalisasi transaksi pada berbagai lini transportasi publik.

“Mudahnya transaksi elektronik untuk pemesanan tiket kapal feri ini, diharapkan dapat secara bertahap mengubah kebiasaan pengguna dalam pembayaran tiket. Dari manual ke digital. Sehingga lebih nyaman, aman, dan mudah,” terangnya.

Penggunaan LinkAja sebagai opsi pembayaran di aplikasi Marlin Booking sudah dapat dilakukan terhitung 1 November 2019.

“Selain itu, terdapat ratusan titik transaksi yang memungkinkan para pengguna LinkAja untuk mengisi saldo dan menarik tunai di berbagai modern retail seperti Alfamart, Circle K, Indomaret, Grapari Telkomsel, Bank Himbara (himpunan bank milik negara), ATM Link Himbara, jaringan ATM Bersama, dan ATM BCA bersama dan ATM BCA yang tersebar di seluruh kota Batam,” katanya.

Bagaimana dengan Anda, masih gunakan transaksi biasa? (Iman Suryanto)


DomaiNesia

Berita Terkait