Home ยป Bupati Solok: PT AM Tak ‘Kantongi’ Izin Pembukaan Jalan

Bupati Solok: PT AM Tak ‘Kantongi’ Izin Pembukaan Jalan

Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM,
Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM,

IDNNews.id, Solok – Pembukaan jalan Nagari Taruang-Taruang, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi ke Nagari Aia Luo, Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok, Sumatera Barat, yang dilakukan oleh PT. Arosuka Mandiri (AM) terancam dihentikan oleh Pemerintah Daerah setempat.

Hal itu disampaikan Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM, dalam rapat koordinasi bersama jajarannya, Jumat (19/6/2020) di Guest House Arosuka.

Menurut bupati, terkait pembukaan jalan tersebut. Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan itu, sama sekali belum satu pun memenuhi izin.

“PT ini sama sekali belum mengantongi izin pembukaan jalan. Kecuali izin dari gubernur yaitu izin tambang,” tegas bupati.

Dikatakan bupati, PT AM ini sudah 2 (dua) kali ditegur oleh pemerintah daerah, akan tetapi sama sekali tidak di respon terkait dengan penggunaan akses jalan tersebut.

Baca Juga  Bawa Banyak Kardus, KPK Geledah Ruangan Bupati dan Wakil Bupati Bintan

“Kalau yang bersangkutan masih belum mengindahkan surat Bupati, maka selanjutnya intruksi bupati akan diirngi dengan tindakan dari Pol PP, camat serta forkopimcam,” tegasnya.

Lebih lanjut bupati, menyampaikan agar kegiatan ini dikaji kembali secara benar, sesuai dengan undang-undang yang berlaku, dalam menangani hal ini dan bagaimana pula regulasinya.

Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM,
Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM,

“Kepada kepala dinas terkait saya minta untuk cepat bekerja, sampaikan kejelasan dan sampaikan untuk memenuhi prosedur pengurusan izinnya,” Tegasnya.

Terkait hal ini, turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Aswirman, Asissten Koordinator Bidang Pemerintahan, Edisar, Asissten Koordinator Bidang Ekbangkesra, Medison, Kepala SKPD terkait, Camat IX Koto Sei Lasi dan Camat Payung Sekaki, untuk segera menindak permasalahan ini. (Nofri Guntala)


DomaiNesia