Home » Cabai Merah Penyumbang Inflasi di Batam pada Januari 2020

Cabai Merah Penyumbang Inflasi di Batam pada Januari 2020

IDNNews.id, Batam – Angka Inflasi di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada Januari 2020 diketahui lebih rendah dibandingkan Desember 2019.

Secara spasial, Batam dan Tanjungpinang mengalami inflasi. Dimana Inflasi di Batam pada Januari 2020 tercatat sebesar 0,16% (mtm) atau 1,76% (yoy), sementara Tanjungpinang mengalami inflasi sebesar 0,36% (mtm) atau 1,70% (yoy).

Komoditas utama penyumbang inflasi Batam adalah cabai merah, cabai rawit dan minyak goreng. Sementara komoditas utama penyumbang inflasi di Tanjungpinang adalah cabai merah, cabai rawit, dan sotong.

Wakil Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kepri Musni Hardi dalam keterangan resminya mengatakan bahwa komoditas utama penyumbang inflasi Kepri pada Januari 2020, berada pada cabai merah, cabai rawit dan minyak goreng.

“Secara tahunan, inflasi Kepri pada Januari tercatat sebesar 1,75% (yoy), juga lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 2,03% (yoy) maupun dibandingkan inflasi Nasional pada Januari 2020 sebesar 2,68% (yoy),” terangnya.

Sementara, Inflasi Kepri pada Februari 2020 diprediksi masih terkendali. Beberapa risiko inflasi ke depan perlu diwaspadai.

“Namun dengan koordinasi dan upaya pengendalian inflasi yang dilakukan melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) diperkirakan inflasi dapat dijaga dalam kisaran sasaran inflasi nasional pada tahun 2020 yaitu sebesar 3 ± 1% (yoy),” jelasnya.

Beberapa potensi risiko pendorong inflasi di Kepri pada Februari 2020 antara lain, curah hujan dan gelombang tinggi. (Iman)


DomaiNesia

Berita Terkait