Home » Cartridge Konsul Game Nintendo Antik Laku Terjual Rp 1,4 Miliar

Cartridge Konsul Game Nintendo Antik Laku Terjual Rp 1,4 Miliar

IDNNews.id – Sebuah cartridge alias “kaset” konsol game Nintendo Entertainment System (NES) Super Mario Bros, laku terjual dengan harga 100.150 dollar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar.

Pembelinya adalah sekelompok kolektor di acara pelelangan yang berlangsung di Heritage Auctions, AS, pada tanggal 6 Februari silam.

Cartridge game Super Mario Bros yang bersangkutan diklaim merupakan kaset game “graded” termahal sepanjang sejarah. Ada beberapa faktor yang membuatnya super langka dan dihargai selangit.

Pertama, kaset game itu masih dilapisi oleh stiker original dan masih disegel rapat. Ini artinya cartridge masih belum dibuka dan dimainkan.

Perusahaan pengukur kondisi kaset game, Wata Games, bahkan mengatakan kaset game yang dilelang itu memiliki skor pengemasan “9,4” atau kondisi “Near Mint” dan kondisi segel dengan tingkat “A++” yang menunjukkan kondisi sangat baik.

Baca Juga  Melalui Budidaya Rumput Laut, Bright PLN Batam Tingkatkan Perekonomian Masyarakat di Pulau Amat Belanda

Kedua, kaset yang dilelang itu sendiri merupakan versi uji coba pasar yang dirilis dengan jumlah terbatas untuk perangkat NES pada pertengahan 1980 silam di New York dan Los Angeles.

“Kaset game ini, merupakan satu-satunya kaset uji coba pasar yang dirilis oleh Nintendo, yang kondisinya masih disegel,” ujar pihak Wata Games, sebagaimana dilansir Slashgear, Sabtu (16/2/2019).

Dengan demikian, agaknya memang tak aneh jika kaset game itu dibanderol dengan harga fantastis. Sebagai informasi, tak hanya kaset Super Mario Bros saja yang pernah laku dijual dengan harga di atas 100.000 dollar AS.

Pada 2014 lalu, kaset game NES langka berjudul Nintendo World Championship juga dijual seharga Rp 100.088 dollar AS (sekitar Rp 1,4 miliar pula) di platform e-commerce eBay.(*)


DomaiNesia