Home » CEO Google Donasikan US$ 1 M untuk Korban Gempa dan Tsunami Palu

CEO Google Donasikan US$ 1 M untuk Korban Gempa dan Tsunami Palu

Idnnews.id – Dukungan kepada korban gempa dan tsunami pun mengalir dari berbagai pihak. Salah satunya datang dari Google, melalui Sundar Pichai selaku CEO-nya. Melalui akun twitternya, Pichai mengungkapkan duka yang mendalam akibat gempa dan tsunami di Indonesia.

“We’re deeply saddened about the earthquake and tsunami in Indonesia – and Googlers are donating $1M to support relief efforts, and we’ve activated our SOS Alerts to provide emergency info to those impacted,” tulisnya di akun twitter @sundarpichai.

Sementara itu, selain mengungkapkan duka, Google juga akan mengucurkan bantuan senilai US$ 1M (satu juta US Dollar). Jika ditaksir dalam rupiah, jumlah ini hampir mencapai 15 Miliar. Pichai menyebut bahwa Google.org dan karyawan Google bahu-membahu dalam mengumpulkan dana bantuan ini.

Selain mendonasikan bantuan dana, Pichai menyatakan pihak Google juga telah mengaktifkan sistem pendeteksi bahaa (SOS Alerts). Langkah ini disebutnya sebagai jalan untuk menginformasikan kondisi darurat bagi mereka yang terkena dampak.

Alarm SOS Google dapat diaktifkan melalui Google Persin Finder yang berisi informasi pencarian. Ada dua tombol yakni tombol biru dan hijau. Tombol berwarna biru maksudnya ‘saya mencari seseorang’ dan tombol hijau bermaksud ‘saya punya informasi tentang seseorang’.

Sementara ada bagian lain yakni ‘saya punya informasi tentang seseorang’. Di bagian ini, pengguna diminta mengisi formulir nama depan dan nama belakang orang yang ditemukan. Dengan fitur ini, diharapkan masyarakat dapat memberikan deskripsi informasi status orang yang ditemukan.


DomaiNesia