Home » Cindai Deklarasikan Diri Dukung SInergi Kepri di Pilkada 2020

Cindai Deklarasikan Diri Dukung SInergi Kepri di Pilkada 2020

IDNNews.id, Batam – Himpunan Cerdik Pandai Melayu (Cindai) resmi mendeklarasikan diri mendukung dan siap memenangkan pasangan calon gubernur Kepri HM Soerya Respationo-Iman Sutiawan.

Deklarasi Relawan Cindai se-Provinsi Kepri Bersinergi dan Penambalan Pemanggilan Gelar Kakanda Soerya Respationo digelar di Hotel Aston Batam, Jumat (13/11/2020) siang.

Dalam acara deklarasi dukungan Cindai Kepri untuk paslon 01 itu, dihadiri langsung cagub Kepri Soerya Respationo, Ketua Cintai Kepri Edi Susanto atau Agus Cindai, Ketua Cindai Kota Batam Indra Saputra SE, dan para tokoh di Kepri maupun Batam.

Prosesi penambalan dilakukan secara adat Melayu yang khas, yakni pemasangan tanjak, penyerahan keris pengikat dan tepuk tepung tawar.

Setelah sambutan-sambutan, acara diakhiri dengan “Ikrar Cindai Bersinergi untuk Menang” yang diikuti seluruh relawan Cindai Kepri Bersinergi.

Dalam sambutannya, Ketua Cindai Kepri Agus Susanto mengungkapkan Relawan Cindai Kepri sudah bergerak sosialisasi di lapangan sejak tiga bulan lalu.

Baca Juga  HUT ke-49 Korpri, ASN Dituntut unruk Cepat, Tepat, dan Hebat

Hal itu sebagai bentuk dukungan nyata untuk berjuang memenangkan pasangan Sinergi Kepri, demi pembangunan Kepri ke depan yang lebih maju.

“Kami sudah tiga bulan bergerak di lapangan. Selama tiga bulan kami terus terang belum pernah berjumpa dengan Kakanda Soerya Respationo. Kita secara sukarela bergerak,” ungkap Agus.

“Ini karena semata-mata kami berjuang iklas dan demi kemajuan Kepri yang lebih baik,” tambah Agus Cindai.

Agus juga menekankan, Cindai Kepri muncul bukanlah semata sebagi unjuk diri dalam pilkada. Cindai Kepri telah terbentuk sejak 2010 silam.

“Awalnya Cindai terbentuk di Bintan dan Tanjungpinang saat menjamurnya tambak bouksit. Di situ ada ketidakadilan dimana para nelayan tradisional, sekitar 150 KK yang merasakan dampak dari penambangan bouksit,” katanya.

Dari aspirasi wasyarakat itulah, Cindai muncul untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat yang menjadi korban sebuah kebijakan.

Ia bersyukur perjuangannya membuahkan hasil, dimana selanjutnya setiap ada perusahaan yang melakukan penambangan maka ada kewajiban untuk memberikan kompensasi melalui CSR kepada para nelayan tradisional setempat.

Baca Juga  Kalahkan Fiorentina, AC Milan Kokoh di Puncak Klasemen Sementara Seri A

Sementara itu Cagub Kepri Soerya Respationo mengungkapkan terima kasihnya atas penambalan dan juga dukungan dari himpunan Cerdik Pandai, yang merupakan generasi muda penerus bangsa.

Ia mengapresiasi pergerakan maupun idealism dari Cindai yang terus berjuang untuk sebuah tatanan yang lebih baik.

Soerya kembali menekankan pentingnya sikap konsisten dan satunya kata dan perbuatan untuk sebuah kemajun daerah.

Hal itu juga menjadi mutlak sebagai seorang pemimpin. Baik itu sebagai pemimpin diri sendiri, keluarga, masyarakat sekitar, maupun pemimpin daerah.

“Pemimpin sudah semestinya tidak hanya pandai berucap. Jangan hanya janji-janji karena janji berarti utang yang harus dibayar dengan tindakan nyata untuk masyarakatnya. Jika tidak, berarti termasuk pemimpin yang munafik,” ujar Soerya.

Dalam konteks pengelolaan pemerintahan, pemimpin yang tidak jujur dan hanya pandai dalam berucap, hal itu justru berpotensi membuahkan sebuah rekayasa-rekayasa.

Baca Juga  Warga Dusun 1 Gemuruh Kundur Dukung Soerya Respationo Jadi Gubernur Kepri

Bagi Soerya, prinsip dasar dan idealisme tidak boleh bergeser sedikitpun.

Sebagai generasi penerus bangsa harus mampu mengemban amanah para pendiri bangsa mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

“Jika pemimpin pandai rekayasa ini-itu, maka visi dari pendiri bangsa itu sekedar impian. Tugas kita untuk meneruskan cita-cita pendiri bangsa”

Kita sudah era yang nyaman. Pendahulu kita, para pahlawan dan para ulama harus bertaruh nyawa untuk kemerdekaan Indonesia”.

“Kalau kita tidak bisa meneruskan visi itu berarti kita sebagai generasi yang gagal dalam mengemban amanah pendahulu kita,” tegasnya.

Ia pun mengajak kepada para generasi muda, terkhusus Cindai Kepri untuk berpacu dengan perkembangan zaman, dimana selain menguasai ilmu dan pengetahuan juga harus diimbangi dengan siraman rohani yang kuat.

Dengan demikian diharapkan akan tercipta SDM generasi penerus di daerah yang memiliki ilmu dan berahlak mulia.(*)


DomaiNesia