Home ยป Dampak New Normal, Rosan Roeslani: Tunggu Waktu yang Tepat untuk Membuka Perekonomian

Dampak New Normal, Rosan Roeslani: Tunggu Waktu yang Tepat untuk Membuka Perekonomian

IDNNews.id, Jakarta – Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani menegaskan, perekonomian memang harus kembali berjalan dan dibuka kembali. Namun, waktu pembukaannya harus tepat.

Hal tersebut diungkapkannya terkait adanya panduan bekerja di situasi new normal yang dikeluarkan oleh Pemerintah.

Dimana panduan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Panduan tersebut bagaikan menjadi isyarat untuk membuka aktivitas ekonomi besar-besaran di tengah pandemi, setelah sebelumnya sempat dibatasi ketat.

“Memang perekonomian ini mesti bisa berjalan kembali lagi, tapi waktu dan timing-nya sangat penting ya, kapannya itu,” kata Rosan sebagaimana dilansir detik, Senin (25/5/2020).

Baca Juga  Kemenkominfo Bangun Pusat Data Nasional di Barelang Batam

Rosan menilai, saat ini kasus Corona di Indonesia cenderung masih terlalu tinggi angka penularannya.

Dia menjelaskan kalau angka tersebut sudah melandai baru lah menjadi waktu yang tepat untuk kembali membuka aktivitas perekonomian.

“Kalau dilihat, sekarang ini masih tinggi yang kena (virus Corona), malah dalam beberapa hari ini menjadi rekor tinggi. Mungkin kalau sudah ada menurun dan melandai bisa dibuka bertahap,” jelas Rosan.

Itu pun harus bertahap tidak serta merta dibuka seluruhnya. Rosan menilai evaluasi harus dilakukan dari minggu ke minggu apabila mau membuka kembali gerak perekonomian.

“Jangan dibuka langsung juga, harus ada tahapannya dulu dan setelah dibuka ada evaluasinya. Misal di buka satu dua minggu sektor apa misalnya, lalu dievaluasi,” kata Rosan.

Baca Juga  Polda Kepri Amankan Pelaku Tindak Pidana Pornografi dan ITE

“Kemudian diputuskan lagi, apa lagi yang mau dibuka bertahap,” ungkapnya. (*/dtk)


DomaiNesia