Home » Dampak Virus Corona, Pemerintah Bebaskan Pajak Hotel dan Restoran Selama 6 Bulan

Dampak Virus Corona, Pemerintah Bebaskan Pajak Hotel dan Restoran Selama 6 Bulan

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan pers mengenai Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (24/5/2019). Menteri Keuangan menyatakan telah mencairkan THR sebesar Rp19 triliun atau 19 persen dari proyeksi kebutuhan dana (Rp20 triliun) yang digunakan untuk membayar THR bagi PNS, Prajurit TNI dan Polri sebesar Rp11,4 triliun dan penerima pensiun atau tunjangan sebesar Rp7,6 triliun. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

IDNNews.id, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyiapkan regulasi dalam rangka memberi kompensasi kepada Pemerintah Daerah, yang membebaskan pajak hotel dan pajak restoran bagi daerah yang terdampak virus corona.

Rencananya, pemerintah pusat bakal memberikan kompensasi atas 10 daerah destinasi wisata selama 6 bulan ke depan.

“Pajak hotel dan restoran nantinya tidak dipungut, nanti oleh pemerintah pusat bakal diganti melalui hibah,” ujar Sri Mulyani, Rabu (26/2/2020).

Menteri Keuangan Sri Mulyani. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Adapun nominal yang digelontorkan rencananya bakal mencapai Rp3,3 triliun. Untuk menjalankan kebijakan ini, Kementerian Keuangan bakal merevisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 224/2017 tentang Pengelolaan Hibah dari Pemerintah Pusat kepada Pemda.

Adapun hibah yang digelontorkan nantinya wajib digunakan untuk kegiatan yang secara spesifik berkaitan dengan pariwisata, khususnya terkait hotel dan restoran.

Pada level Pemda, 10 Pemda yang terdampak perlu merevisi Perda pajak hotel serta pajak restorannya dengan menurunkan tarif kedua jenis pajak tersebut.

Jangka waktu pemberlakuan penurunan tarif sepenuhnya diserahkan kepada Pemda. Dengan ini, Pemda diberi kewenangan kebebasan apakah akan mengembalikan tarif pajak hotel dan pajak restoran ke 10% setelah pembebasan pajak berakhir atau hendak memberlakukan pajak hotel dan restoran di bawah 10%. (*)

Baca Juga  Senin Depan, Rumah Sakit Khusus Corona di Pulau Galang Beroperasi

DomaiNesia

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Terkait