Home ยป Dewan Batam Minta Pertamina dan Disperindag Diminta Hilangkan Ego Sektoral

Dewan Batam Minta Pertamina dan Disperindag Diminta Hilangkan Ego Sektoral

IDNNews.id, Batam – Kurangnya kouta bahan bakar minyak (BBM) dan menimbulkan antrian panjang di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) memunculkan ragam komentar dari sejumlah pihak.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau menyebutkan bahwa pada tahun 2020 Pertamina menyalurkan premium sebanyak 163,776 kiloliter (kl). Namun kenyataannya, Pertamina hanya menyalurkan 109,860 kl.

“Pertamina harus transparan dan terbuka, agar masyakarat tidak menduga-duga, apa lagi sampai muncul fitnah. Pertamina dalam hal ini juga harus memahami dan mengetahui, memang mereka diberikan kewenangan untuk mendistribusikan BBM,” ungkap Ketua DPRD Batam Nuryanto disela-sela Coffe Morning dengan awak media, Rabu (27/1/2021) pagi.

Baca Juga  ATB 'Ramaikan' Lelang Pengelolaan SPAM. Maria : Demi Memberikan Kualitas dan Pelayanan Air Terbaik Bagi Batam
Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto
Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto

Nuryanto juga mempertanyakan alasan pengurangan kuota BBM yang saat ini dilakukan oleh Pertamina, dikarenakan fakta di lapangan masih banyak terlihat antrian kendaraan hampir di seluruh SPBU.

“Lah ini perlu dijelaskan oleh mereka, apakah kuotanya berkurang? Atau memang ini kebijakan dari pusat? Karena faktanya memang banyak antrean di SPBU, dan terkesan ada pengurangan,” tegasnya.

Tidak hanya itu, adanya permasalahan ini juga diakuinya sebagai salah satu ketidaksinkronan komunikasi antara Pertamina dengan Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

“Yang saya tangkap adalah Pertamina dan Pemerintah ini gak klop. Pertamina baru sekali memenuhi panggilan Disperindag, itu kan menandakan bahwa ada ego sektoral,” paparnya.

Untuk itu, saat ini DPRD Kota Batam diakuinya tengah menyusun jadwal untuk pertemuan antara pihak Pertamina dengan Disperindag Kota Batam, guna membahas mengenai polemik kelangkaan BBM tersebut.

Baca Juga  Jalin Kerja Sama dengan BAZNAS, Kepala BP Batam: Bantu Sesama Melalui Zakat

“Maka kami minta Pertamina memberikan penjelasan terkait masalah ini. Kalau saat diundang mereka tidak hadir nanti kita evaluasi lah,” tuturnya. (Iman Suryanto)


DomaiNesia