Home » Di Tahun Baru, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo Berharap ASN Tetap Semangat

Di Tahun Baru, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo Berharap ASN Tetap Semangat

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo

IDNNews.id, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meyakini bahwa kemeriahan tahun baru yang berbeda, tidak akan menyurutkan semangat para Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam meningkatkan kinerja dalam pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan menuju birokrasi berkelas dunia.

Tjahjo Kumolo pun mengajak para ASN untuk tetap semangat dan fokus dalam peningkatan kinerja di tahun 2021.

“Tahun baru dengan semangat baru dalam pencapaian kinerja, meskipun di tengah pandemi Covid-19,” ujar Menteri Tjahjo, Jumat (1/1/2021).

Sesuai visi Presiden RI dalam pembangunan SDM dan penyederhanaan birokrasi, kecepatan melayani dan pemberian izin bagi pelaku usaha adalah hal yang utama.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo

Hal ini tentunya akan mendorong peningkatan ekonomi Indonesia yang menurun ditengah pandemi Covid ini. Kementerian PANRB terus berusaha mewujudkan birokrasi yang dinamis dan berkelas dunia.

Baca Juga  SPBE Pemerintah Kota Batam Masuk Kategori Baik

Untuk itu, Menteri Tjahjo meminta seluruh pegawai pemerintah di pusat dan daerah agar menghilangkan pola pikir linier, monoton, dan keluar dari zona nyaman dengan membuat terobosan-terobosan baru yang inovatif.

Tahun 2021 akan penuh tantangan sehingga ASN/pegawai pemerintah harus adaptif menyikapi perubahan, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi menuju transformasi digital pemerintahan.

Di masa mendatang, sistem pelayanan pemerintah secara digital dan virtual, akan banyak mendominasi sistem kerja ASN dalam pelayanan publik guna mengurangi pertemuan tatap muka untuk mengurangi risiko penularan Covid-19.

“Sistem pemerintahan berbasis elektronik dapat meningkatkan produktivitas ASN,” ungkap Menteri Tjahjo.

Reformasi birokrasi diharapkan menghasilkan pelayanan publik prima sehingga di tahun 2021 mendatang, layanan prima harus jadi target utama setiap unit penyelenggara pelayanan. Tentunya melalui langkah kolaboratif, inovatif dan sinergi antara instansi dalam mewujudkan visi Presiden. (***)

Baca Juga  Resto Kale Green Bantu Jaga Imunitas melalui Makanan Sehat

Sumber: Kemendagri


DomaiNesia