Home » Duta Air Anak Jadi ‘Ujung Tombak’ Penyebaran Informasi ATB

Duta Air Anak Jadi ‘Ujung Tombak’ Penyebaran Informasi ATB

IDNNews.id, Batam – Generasi muda menjadi penerus masa depan yang berperan besar dalam kelangsungan dan kelestarian hidup. Dengan menanamkan kesadaran menjaga lingkungan khususnya sumber daya air sejak dini, maka akan memupuk mereka memiliki tanggung jawab.

Untuk itu, PT Adhya Tirta Batam (ATB) memasilitasi generasi muda yang memiliki talenta luar biasa tersebut melalui Duta Air Anak ATB.

Nantinya, Duta Air Anak ini akan menjadi ujung tombak dalam penyambung informasi ATB bagi generasi muda lainnya di Batam.

BACA: Raih Penghargaan di Hari Jadi Batam ke-189, Presdir ATB: Terima Kasih, Ini untuk Masyarakat Batam

“Duta air anak dapat berperan aktif mengampanyekan program penggunaan air secara bijak terutama untuk anak usia dini. Duta air anak akan terlibat dalam program-program yang ada di ATB,” ujar Maria Jacobus, Head of Corporate Secretary ATB, Rabu (19/12).

Baca Juga  Enam Hotel TAUZIA Group Raih Sertifikat CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Beberapa waktu lalu, Duta Air Anak ATB telah terpilih. Dimana proses seleksinya dilakukan dengan cukup ketat. Sebanyak 36 Sekolah Dasar (SD) yang aktif di kegiatan Cerdas Cermat dan Kreasi Jingle ATB diseleksi.

Seleksi ini dibagi dalam dua tahapan, berupa tes tertulis dan wawancara langsung dengan tim ATB.

“Setelah mengikuti proses seleksi, Duta Air Anak dipilih empat pemenang, satu pemenang akan jadi juara utama untuk selanjutnya menjadi jadi Duta air anak ATB,” ujar Maria.

Proses seleksi dan pemilihan duta air anak telah berlangsung sejak 28 Oktober 2018, diikuti antusias oleh masing-masing perwakilan sekolah. Saat mengikuti proses seleksi duta air anak, sejumlah perwakilan guru turut hadir memberikan dukungan.

Baca Juga  Susul Tiga Kecamatan Hinterland, Kini Batuampar Berstatus Hijau

BACA: Laboratorium Kalibrasi ATB Berstandar Internasional

“Ya saya mewakili perwakilan guru sengaja hadir di sini menemani proses seleksi, sekaligus memberikan motifasi juga buat anak-anak,” jelas seorang guru yang hadir.

Setelah melalui tahapan seleksi dan menilai hasil tes tertulis dan wawancara, tim ATB akhirnya memutuskan Muhammad Altaf Manhaju Al Fikri Rahman dari sekolah Islam Nabila sebagai pemenang Duta Air Anak ATB.

Serta untuk runner up diraih oleh Cut Athaya Najla Ruhuma dari SD Al Kaffah. Dua lainnya sebagai pemenang favorit yakni Esqi Wilaida Kusuma dari SD Kallista dan Clark Steven Ken Hutabarat dari SD Elsadai.

BACA: Keterbatasan Air Baku di Batam Memotivasi Kinerja Terbaik ATB

Duta air anak ATB akan terlibat dalam program reguler edukasi bulanan maupun dalam event besar ATB selama satu tahun kedepan. Tidak hanya itu, duta air anak akan dibekali dengan pengetahuan seputar ATB.

Baca Juga  Aplikasi SIP BOS Pemko Batam Masuk Finalis Smart City Asia Pasific Award

“Duta air anak akan dibekali dengan pengetahuan seputar ATB mulai dari visi misi, core value ATB, begitu juga seputar proses operasional air bersih secara umum mulai dari proses produksi, distribusi hingga pengenalan kantor pelayanan dan area Instalasi Pengelolaan Air (IPA),” lanjut Maria.

Dalam menjalankan tugasnya duta air anak diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pada anak-anak di Batam secara luas, khususnya dengan kondisi sumber air di Batam yang sangat terbatas. Lebih dari itu duta air anak diharapkan dapat meningkatkan perilaku bijak dalam menggunakan air bersih sehari hari. (*)


DomaiNesia