Home ยป Gairahkan Kembali Ekonomi, Pemko Batam Lakukan Pendataan UMKM

Gairahkan Kembali Ekonomi, Pemko Batam Lakukan Pendataan UMKM

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Batam, Suleman Nababan
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Batam, Suleman Nababan

IDNNews.id, Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melakukan pendataan terhadap UMKM yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Pendataan ini, dilakukan sebagai salah satu upaya mencarikan solusi untuk menggairahkan sektor UMKM di Kota Batam.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Batam, Suleman Nababan mengatakan sampai saat ini tercatat ada sekitar 1.900 pelaku UMKM yang terkena dampak Covid-19 di Kota Batam.

 Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Batam, Suleman Nababan
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Batam, Suleman Nababan

Mulai dari omzetnya yang menurun karena jumlah permintaan menurun, hingga kesulitan untuk mendapatkan bahan baku karena adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah daerah.

“Jumlah itu kemungkinan masih bertambah, karena tim masih turun ke lapangan untuk melakukan pendataan,” kata Suleman di Kantor Wali Kota Batam, Rabu (17/6/2020).

Baca Juga  Singapura Dominasi Tujuan Ekspor Kepri di Desember 2020. 'Capai US$1.164,32 Juta'

Terkait dengan berapa jumlah total UMKM di Batam sendiri, Suleman mengaku belum bisa memberikan kepastian. Namun hasil pendataan ini nantinya akan bisa menjadi rujukan.

Pada prosesnya, kata dia pelaku UMKM yang didata sudah dimintai keterangan terkait masalah yang mereka hadapi.

Kemudian terkait solusi yang mungkin akan ditawarkan kepada para pelaku UMKM tersebut, ia mengaku saat ini pihaknya masih fokus terhadap pendataan. Tapi tentunya pemerintah baik Pemko Batam ataupun pemerintah pusat pasti akan membantu para UMKM untuk bergairah kembali di tengah pandemi Covid-19.

“Mereka yang terdampak nantinya akan didorong untuk bisa mendapatkan stimulus dari pemerintah pusat. Tapi sekarang kami fokus data dulu, setelah selesai baru akan kita bahas lagi,” jelasnya.

Baca Juga  Daftar 40 Korban Sriwijaya Air SJ 182 yang Sudah Teridentifikasi

Meskipun di tengah ancaman pandemi, Suleman berharap UMKM di Batam bisa bertahan dan berkembang. Lebih banyak UMKM di Batam, maka akan menjadi indikator baiknya perkembangan ekonomi di satu daerah.

“Setelah data terkumpul nanti akan disampaikan kepada Pak Wali Kota Batam (Muhammad Rudi) dan Wakil Wali Kota Batam (Amsakar Achmad) supaya di keluarkan kebijakan yang dapat membantu UMKM,” katanya. (***)


DomaiNesia