Home ยป Gelombang Tinggi Masih ‘Incar’ Perairan Kepri. Ini Penjelasan BMKG

Gelombang Tinggi Masih ‘Incar’ Perairan Kepri. Ini Penjelasan BMKG

ilustrasi gelombang tinggi
ilustrasi gelombang tinggi

IDNNews.id, Batam – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandara Hang Nadim Batam kembali merilis potensial ketinggian gelombang di perairan Provinsi Kepri terhitung Minggu (27/12/2020).

Berdasarkan daya yang diberikan BMKG, diketahui kemungkinan gelombang tinggi tersebut bakal terjadi di perairan Anambas dan perairan Natuna.

Untuk itu, BMKG mengimbau kepada pengguna jasa laut maupun berbagai aktivitas warga untuk berhati-hati selama berada di perairan tersebut.

“Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan dihimbau waspada, terhadap gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 2,0 meter di wilayah perairan Anambas dan 2.0 meter di wilayah perairan Natuna,” terang Forecaster on duty, Ibnu Susilo pada Sabtu (26/12/2020) pagi.

Baca Juga  Pemko Bakal Tata Kawasan Galang hingga Batuaji. 'Akan Ada Air Mancur di Bundaran'
ilustrasi gelombang tinggi
ilustrasi gelombang tinggi

Pihaknya juga merinci, ketinggian gelombang di wilayah Provinsi Kepri tersebut lebih disebabkn oleh adanya massa udara yang menyebar, akibat pola angin divergensi. Sehingga menyebabkan pembentukan awan-awan konvektif di wilayah Kepulauan Riau dan sekitarnya menjadi kurang signifikan.

“Secara umum, kondisi cuaca Kepulauan Riau pada Minggu dalam keadaan berawan. Namun masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan pada pagi dan siang hari,” terangnya. (Iman Suryanto)


DomaiNesia