Home » GoCar dan BCA Finance Jalin Kerjasama Berikan Keringanan Angsuran untuk Mitra

GoCar dan BCA Finance Jalin Kerjasama Berikan Keringanan Angsuran untuk Mitra

IDNNews.id, Jakarta – Inisiatif Gojek meringankan biaya harian mitra driver selama pandemi COVID-19 terus berlanjut.

Gojek super app on-demand terdepan di Asia Tenggara, hari ini, menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan BCA Finance menghadirkan prosedur keringanan pembayaran angsuran kendaraan bermotor bagi mitra driver GoCar.

Mitra driver GoCar yang mendaftar dan memenuhi persyaratan relaksasi serta olos uji seleksi dari BCA Finance bisa mendapatkan keringanan angsuran 6 bulan tanpa pembayaran dimuka dan perpanjangan tenor hingga 24 bulan.

Kerja sama Gojek dengan BCA Finance ini merupakan langkah nyata Gojek menindaklanjuti berbagai program Kesejahteraan Mitra Driver yang disampaikan di bulan Maret lalu.

Inisiatif tersebut mencakup beberapa area utama yang paling berdampak bagi keberlangsungan hidup mitra driver Gojek, termasuk dukungan kesehatan dan keselamatan mitra serta ringankan beban biaya harian.

Hans Patuwo, Chief Operations Officer Gojek dalam keterangan resminya mengucaapkan berterima kasih kepada BCA Finance atas fleksibilitas keringanan angsuran yang diberikan kepada mitra driver GoCar.

Baca Juga  Usai Mengalahkan Ferencvaros, Juventus Pastikan Tiket 16 Besar

Skema ini sangat ideal dimana mitra driver GoCar yang telah mendaftar dan memenuhi persyaratan relaksasi serta
lulus seleksi bisa mendapatkan keringanan angsuran 6 bulan dan perpanjangan tenor hingga 24 bulan.

“Kami percaya kerja sama yang dilakukan dengan BCA Finance ini akan sangat membantu mitra supaya
penghasilannya bisa difokuskan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi COVID-19,” jelasya.

Hans melanjutkan, selama masa pandemi ini, kami terus berusaha maksimal mencari berbagai cara untuk
meringankan biaya yang harus dikeluarkan mitra driver.

Mulai dari meringankan biaya harian seperti program sembako gratis, hingga kerja sama dengan perusahaan pembiayaan untuk fasilitasi keringanan
angsuran kendaraan bermotor.

“Kami juga sedang berdiskusi dengan perusahaan-perusahaan pembiayaan
lainnya. Sehingga lebih banyak mitra Gojek baik GoCar maupun GoRide bisa mendapatkan akses keringanan angsuran pembiayaan kendaraan bermotor,” terangnya.

Rahmat Susanto, Deputy Director BCA Finance mengatakan, pihaknya memahami tantangan yang dihadapi oleh para driver online yang terdampak penghasilannya di masa pandemi COVID-19.

Baca Juga  Kota Batam Siap Laksanakan Pilkada Serentak di 9 Desember 2020

Sebagai perusahaan Indonesia, kami ingin membantu agar bisa meringankan beban keuangan mereka, sesuai dengan arahan Pemerintah bagi lembaga jasa keuangan untuk memberikan restrukturisasi atau keringanan kepada
debitur yang terdampak COVID-19.

Rahmat melanjutkan sejak awal Gojek telah proaktif dan menjalin komunikasi secara intensif dengan pihaknya untuk membahas berbagai opsi serta solusi terbaik terkait keringanan pembayaran angsuran.

Informasi yang Gojek berikan sangat membantu kami dalam melakukan verifikasi data serta merumuskan mekanisme terbaik bagi semua pihak.

Gojek telah memberikan data-data yang diperlukan kepada BCA Finance untuk kemudian diseleksi lebih lanjut oleh BCA Finance. Hasil seleksi tersebut akan menentukan debitur-debitur yang berhak menerima program keringanan cicilan ini.

”Upaya yang dilakukan BCA Finance ini juga merupakan realisasi dari arahan pemerintah kepada perusahaan pembiayaan untuk melakukan restrukturisasi kredit kendaraan bermotor, yang diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No.11/POJK.03/2020 mengenai Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019. Dimana, para pekerja sektor informal, termasuk mitra driver online, dapat mengajukan keringanan angsuran kredit kepada bank dan perusahaan pembiayaan (multifinance),” terangnya.

Baca Juga  Widianto, Pemilik KIA Sonet Pertama di Batam

Upaya Gojek dalam membantu mitranya tidak hanya terbatas pada bantuan pembayaran angsuran kendaraan.

Menjaga keamanan dan keselamatan mitra dan pengguna adalah prioritas utama. Gojek telah dan terus menyediakan paket kesehatan termasuk masker dan hand sanitizer kepada ratusan ribu mitra driver kami di berbagai kota di Indonesia. Gojek juga melakukan sosialisasi secara intensif untuk
memastikan mitra mematuhi panduan kesehatan dan keamanan bersama.

“Meskipun pandemi COVID-19 membawa kita masuk ke situasi penuh ketidakpastian, kami berharap berbagai inisiatif yang kami jalankan dapat mendukung keberlangsungan mitra driver Gojek. Dengan semangat gotong royong dan saling membantu, kami yakin #anakbangsabisa lalui masa krisis ini,” tutup Hans. (*)


DomaiNesia
UA-128167721-1