Home ยป GOR Bandara jadi ‘Gudang’ Logistik Pemilu 2019 di Kecamatan Batam Kota

GOR Bandara jadi ‘Gudang’ Logistik Pemilu 2019 di Kecamatan Batam Kota

KPU Batam Mulai Distribusikan Logistik Pemilu

IDNNews.id, Batam – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mulai melakukan pendistribusian logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ke sejumlah lokasi di Provinsi Kepri, khususnya Kota Batam.

Selain mendistribusikan logistik ke kawasan perkotaan, petugas gabungan yang terdiri dari KPU, Bawaslu, Panwaslu hingga Polri dan TNI, juga telah mendistribusikan ke kecamatan di kepulauan. Salah satunya Belakangpadang, Bulang dan Galang.

“Pendistribusian ke pulau-pulau sudah selesai,” jelas Ketua KPU Batam Syahrul Huda, Senin (15/4/2019).

IDNNews.id/ Iman Suryanto, Pendistribusian Logistik Pemilu 2019 se-Kecamatan Batam Kota di GOR Bandara, Batam Center, Batam, Senin (15/4/2019)

Meski sempat terkendala pembongkaran logistik dari gudang, tambahnya, ia optimistis seluruh kebutuhan sudah tiba di TPS tepat waktu.

Sementara itu, pendistribusian logistik Pemilu di Kecamatan Batam Kota juga sudah dilakukan pada Senin Sore. Dimana sebanyak 12 lori (truk,red) yang mengangkut logistik pemilu sudah tiba di GOR Bandara Batam Center.

Dilokasi ini, nantinya semua logistik Pemilu untuk 6 kelurahan yang ada di Kecamatan Batam Kota disimpan sementara, dan selanjutnya akan didistribuskan ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Selasa (16/4/2019).

“Ada 12 truk tiba tadi. Kita simpan sementara disini (GOR Bandara) untuk selanjutnya kita kirim ke 458 TPS di 6 kelurahan se-Kecamatan Batam Kota,” Kata Camat Batam Kota Fairuz Batubara.

IDNNews.id/ Iman Suryanto, Pendistribusian Logistik Pemilu 2019 se-Kecamatan Batam Kota di GOR Bandara, Batam Center, Batam, Senin (15/4/2019)

Dari 12 truk tersebut, tambahnya, jika dihitung secara keseluruhan ada 2.290 kotak suara yang sudah berisi surat suara, tinta hingga perlengkapan lainnya di dalamnya.

“Untuk pendistribusian dan proses pengamanannya ke TPS, kita akan berkoordinasi dengan KPU, Bawaslu dan Panwaslu dan tentunya melibatkan aparat keamanan yang terdiri dari Polisi dan TNI,” jelasnya.

Ia pun berharap, pelsaksanaan Pemilu bisa berjalan lancar dan sukses tanpa adanya kendala apapun di lapangan.

Distribusi Gunakan Mobil Jenazah

Sementara itu, distribusi logistik pemilu di Pulau Belakangpadang, menggunakan mobil ambulans dan mobil jenazah, akibat alat angkut di pulau penyangga yang berhadapan dengan Singapura itu.

Baca Juga  Ratusan Masyarakat Saksikan HUT Perdana Pasar Digital Kubu Gadang

“Distribusi menggunakan ambulans dan mobil jenazah dan mobil operasional kebersihan terpaksa dilakukan karena di Belakangpadang hanya ada 3 armada tersebut,” kata Camat Belakangpadang, Yudi Admaji.

Pulau Belakangpadang adalah pulau penyangga, yang merupakan pusat pemerintahan Kecamatan Belakangpadang. Pulau itu berhadapan langsung dengan Singapura.

IDNNews.id/ Iman Suryanto, Pendistribusian Logistik Pemilu 2019 se-Kecamatan Batam Kota di GOR Bandara, Batam Center, Batam, Senin (15/4/2019)

Menurut Yudi, di pulau itu memang minim kendaraan roda empat. Masyarakat kebanyakan menggunakan sepeda motor.

Logistik pemilu tidak dapat dikirim menggunakan sepeda motor, karena cuaca yang tidak menentu. “Cuaca gerimis mau hujan,” kata Camat.

Selain 1 unit mobil ambulans kecamatan, 1 mobil operasional kebersihan dan 1 mobil jenazah, distribusi logistik juga menggunakan 3 unit mecak motor. “Itu untuk mengangkut dari pelabuhan ke gedung nasional,” kata dia.

Logistik pemilu yang terdiri dari 350 kotak diantar dari Pulau Batam ke Pulau Belakangpadang menggunakan 3 unit kapal. Rencananya, logistik pemilu akan dikirimkan dari Gedung Nasional ke kelurahan-kelurahan yang berada di pulau lain.

“Pakai 2 boat, Kelurahan Kasu 11 TPS dan Pemping 3 TPS pakai satu boat, satu boat lagi Kelurahan Pecong 3 TPS dan Pulau Terung 12 TPS,” kata Yudi.(Iman Suryanto/ant)


DomaiNesia

Berita Terkait