Home » Hendak ke Luar Negeri, Ratna Sarumpaet Diamankan Polisi di Bandara Soekarno-Hatta

Hendak ke Luar Negeri, Ratna Sarumpaet Diamankan Polisi di Bandara Soekarno-Hatta

IDNNews.id, Jakarta – Ratna Sarumpaet diamankan polisi di Bandara Soekarno-Hatta. Ratna sebelumnya dilaporkan atas dugaan kasus hoax penganiayaan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono membenarkan pengamanan Ratna Sarumpaet. “Ya,” katanya saat diminta konfirmasi, Kamis (4/10/2018).

Tapi Argo belum menjelaskan kronologi Ratna diamankan. “Tunggu saja di Krimum (Polda Metro),” sebutnya.

BACA: Nomor Rekening Ratna Juga Digunakan Menghimpun Sumbangan Danau Toba

Ratna diamankan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Tim Polda Metro Jaya bergerak setelah mendapatkan informasi terkait Ratna.

Argo sebelumnya mengatakan Ratna Sarumpaet dilaporkan ke Polda Metro Jaya gara-gara hoax penganiayaan. Penyelidikan kasus hoax Ratna Sarumpaet dipastikan polisi berlanjut.

“Untuk kasus Bu Ratna, ada empat laporan polisi sementara di Polda Metro Jaya. Yang bersangkutan sebagai terlapor nanti kita penyelidikan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Amos Cozy Hotel, Jl Melawai, Jakarta Selatan, Kamis (4/10)

Baca Juga  Komitmen Tanggung Jawab Sosial, PGN Raih Penghargaan Top CSR Awards 2021

Ratna Sarumpaet sudah mengakui berbohong mengenai penganiayaan. Polri sebelumnya juga membeberkan temuan fakta yang menyanggah pernyataan-pernyataan pihak terkait Ratna soal penganiayaan.

Selain Ratna Sarumpaet, sejumlah orang memang dilaporkan terkait dugaan penyebaran hoax penganiayaan Ratna. Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menyebut mereka yang terlapor di antaranya Fadli Zon dan Dahnil Anzar Simanjuntak.

BACA: Data Debit Rekening Rp 90 Juta Turut Bongkar Hoax Ratna Sarumpaet

Setyo menyebut penyebar hoax bisa dijerat dengan Pasal 14 dan 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana atau UU ITE.

Dicegah Ke Luar Negeri

Ratna Sarumpaet dicegah bepergian ke luar negeri selama 20 hari ke depan. Permintaan pencegahan itu dari Polda Metro Jaya.

Baca Juga  Polda Kepri Amankan Pelaku Tindak Pidana Pornografi dan ITE

“Iya hari ini diterima surat pencegahan keberangkatan ke luar negeri atas nama Ibu Ratna Sarumpaet diminta oleh Polda Metro untuk periode 20 hari ke depan,” ujar Kabag Humas dan Tata Usaha Ditjen Imigrasi Agung Sampurno kepada detikcom, Kamis (4/10/2018).

BACA: Polisi Sebut Ratna Sarumpaet Gunakan Dana Bantuan Danau Toba untuk Operasi Plastik

Agung mengaku tidak tahu status hukum Ratna dalam surat permintaan pencegahan itu. Namun Ratna sebelumnya dilaporkan atas dugaan kasus hoax atau kebohongan penganiayaan.

Sudah Duduk di Dalam Pesawat

Ketika dihubungi, Ratna mengaku sudah duduk di dalam pesawat yang seharusnya mengantarnya ke Chile. Namun Ratna diminta keluar dari pesawat.

“Saya sudah duduk di pesawat, saya dikeluarin oleh imigrasi, katanya mau dibicarakan dulu. Kemudian ada polisi datang, mereka bilang oleh atasan tidak diperkenankan meninggalkan Indonesia,” sambung Ratna.

Baca Juga  Telkomsel Tambah Investasi US$300 Juta ke Gojek

BACA: Prabowo Duga Ratna Sarumpaet di Bawah Tekanan Jiwa

Ratna kemudian menunggu di bagian imigrasi. Rencananya Ratna akan dijemput polisi.

“Terus sekarang saya menunggu di bagian imigrasi. Saya nanya, mau menunggu apalagi, katanya Polda Metro Jaya akan jemput,” ujarnya.(*)


DomaiNesia