Home » Ini Dia Konsep Batam Integrated Total Water Management oleh BP Batam

Ini Dia Konsep Batam Integrated Total Water Management oleh BP Batam

IDNNews.id, Batam – Keputusan Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk tidak melanjutkan perjanjian konsesi PT Adhya Tirta Batam (ATB) pada November 2020 mendatang, memunculkan sebuah konsep baru yang digadang-gadangkan akan memberikan nilai tambah dalam pengelolaan air bersih di Batam.

Batam Integrated Total Water Management namanya. Konsep yang ditawarkan oleh BP Batam ini, akan membuat pengelolaan air bersih dan limbah akan dijalankan secara bersamaan dan terpadu, dan diharapkan bisa mendukung ketersediaan air di Batam, Rempang dan Galang hingga 30 tahun mendatang.

“Konsep Batam Integrated Total Water Management ini adalah, menyinergikan antara potensi ketersediaan air baku, air bersih, pengelolaan air limbah, desalinasi air laut dan daur ulang (rycycle) secara terpadu dan terintegrasi dengan baik. Sehingga hal ini bisa mendukung ketersediaan air sampai tahun 2045 mendatang,” jelas Badan Pengusahaan (BP) Batam melalui Manager Air Baku, Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan BP Batam, Hadjad Widagdo saat ditemui awak media di Bida Marketing BP Batam, Jumat (7/2/2020) siang.

Baca Juga  Update: Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Bertambah

Ia juga mengatakan, nantinya, Batam Integrated Total Water Management ini akan memanfaatkan bauran air yang ada untuk diolah kembali. Dan akan dimanfaatkan tidak untuk diminum, akan tetapi untuk service water. Seperti mencuci, menyiram tanaman dan sebagainya.

sehingga nantinya, Air yang memiliki kualitas yang baik kedepannya hanya digunakan untuk diminum. Sementara air yang sudah didaur ulang hanya digunakan untuk keperluan lain selain untuk minum.

“Jadi konsepnya seperti itu, Air bersih yang memiliki kualitas yang bagus akan khusus digunakan untuk minum. Sementara bauran (air sisa/bekas,red) nantinya akan diolah untuk keperluan lain. Sehingga nantinya, kita akan lebih efektif dalam memanfaatkan air,” terangnya.

Konsep yang sama juga akan digunakan untuk air laut yang akan di Destilasi. Sehingga, ketiganya kandungan garamnya sudah tidak ada, bisa digunakan untuk mendinginkan ketel di kawasan industri.

Baca Juga  Hasil Liga Europa: AC Milan Lolos 16 Besar

“Banyak hal yang bisa dilakukan dalam Batam Integrated Total Water Management nantinya. Dan untuk mewujudkan ini, tentunya akan dilakukan secara bertahap. Sehingga nantinya, tidak boleh membuang air bekas, tanpa sebelumnba diolah terlebih dahulu,” terangnya. (Iman Suryanto)


DomaiNesia