Home » Investasi Pengembangan Pelabuhan Batu Ampar Capai Rp 1,5 Triliun

Investasi Pengembangan Pelabuhan Batu Ampar Capai Rp 1,5 Triliun

IDNNews.id, Batam – Direktur Utama PT. Pelindo II, Elvyn G. Masassya menegaskan untuk melakukan revitalisasi Pelabuhan Batu Ampar hingga memiliki kapasitas mencapai 2 juta TEUs, setidaknya dibutuhkan investasi hingga Rp 400 miliar hingga Rp 1 Triliun sampai Rp 1,5 Triliun.

Dimana nilai investasi ini, akan disiapak untuk meningkatkan kapasitas pelabuhan yang saat berada di kisaran 350 ribu TEUs menjadi 2 Juta TEUs.

Selain itu, Pelindo II juga akan meningkatkan kualitas peralatan atau infrastruktur, sekaligus revitalisasi pelabuhan dari sisi pendalaman kolam pelabuhan hingga 12 meter. Dengan demikian, kapal-kapal berukuran besar nantinya akan bisa masuk dan beroperasi.

“Itu nilai investasinya. Bisa mencapai Rp 1 Triliun hingga Rp 1,5 Triliun,” terangnya.

Sebelumnya diberitakan, Badan Pengusahaan (BP) Batam melaksanakan Hands of Agreement (HoA) dengan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), tentang Penyiapan Kerjasama Pengoperasian Dan Pengembangan Pelabuhan Batu Ampar Beserta Area Pendukungnya.

Penandatanganan HoA tersebut dilakukan oleh Kepala BP Batam Muhammad Rudi dan Direktur Utama (Dirut) PT Pelindo II/IPC Elvyn G. Masassya pada Selasa (7/1/2020) di Gedung Marketing Centre BP Batam, Batam.

Adapun ruang lingkup perjanjian awal penyiapan kerja sama pengoperasian dan pengembangan Pelabuhan Batu Ampar beserta area pendukungnya di Batam akan dilaksanakan dalam tiga tahap pengembangan.

Rencana kerjasama ini akan dilaksanakan kedua pihak, melalui penyiapan kerja sama pengoperasian dan pengembangan Pelabuhan Batu Ampar beserta area pendukungnya berupa Penyediaan dan/atau perbaikan infrastruktur, peralatan, transformasi layanan operasional dan business process, sistem teknologi informasi dan komunikasi; Penyediaan SDM dan program pelatihan sesuai kebutuhan (transfer know how); Pelaksanaan pemasaran bersama, baik skala nasional maupun internasional; serta Pelayanan kapal, terminal handling serta fasilitas pendukung lainnya dalam pengelolaan dan pengembangan Pelabuhan Batu Ampar. (Iman Suryanto)

Baca Juga  Paket Wedding BWP Panbil Berhadiah Mobil dan Honeymoon ke Pulau Dewata Bali

DomaiNesia

Berita Terkait