Home » Jadi Endemik Flora di Kepri, Pohon Nibung Bakal Jadi Ikon Kebun Raya Batam

Jadi Endemik Flora di Kepri, Pohon Nibung Bakal Jadi Ikon Kebun Raya Batam

kebun raya batam

IDNNews.id, Batam – Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH) LIPI, Enny Sudarmonowati mewacanakan pohon Nibung atau Oncosperma menjadi ikon atau logo dari Kebun Raya Batam (KRB).

Mengingat, pohon jenis ini banyak ditemukan dan sudah menjadi ciri khas tanaman endemik di Batam.

“Dengan adanya pohon Nibung sebagai logo di Kebun Raya Batam, maka kita bisa mendeclair sebelum diambil negara lain,” katanya disela-sela peresmian Kebun Raya Batam, Nongsa, Batam, Sabtu (22/12) siang.

BACA: Pemkot Batam Musnahkan 50.390 KTP-e Rusak

kebun raya batamIa juga mengatakan semua tanaman yang ada di KRB harus diperhatikan dan dibudidayakan khususnya Nibung, mengingat tidak banyak negara-negara lain memiliki Nibung.

Baca Juga  Ini Dia Keunggulan dan Kecanggihan Dari All New Honda Scoopy 2020

“Kami akan lebih mengesplorasi manfaat dan kegunaan dari Pohon Nibung ini dari berbagai aspek. Dan KRB ini, sudah memiliki lima fungsi sehingga bisa diresmikan. Yakni lokasi konservasi, pendidikan lingkungan, penelitian, jasa ekosistem dan eko wisata,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, Pohon Nibung (Oncosperma tigillarium) adalah tanaman sejenis palma (palem) yang tumbuh di Asia Tenggara termasuk hampir di seluruh wilayah Indonesia.

BACA: Persiapkan Rencana Detail Tata Ruang, Pemko Batam Jalin Kerjasama dengan BIG

kebun raya batam

Pohon Nibung dianggap sebagai simbol semangat persatuan dan persaudaraan masyarakat Riau dan Kepri, karenanya tidak heran jika pohon Nibung ditetapkan sebagai flora identitas.

Nibung (Oncosperma tigillarium) termasuk kelompok Palem yang biasanya tumbuh liar, tumbuh berumpun seperti bambu.

Baca Juga  Sambangi Bengkong Harapan, Paslon 01 di Pilkada Kepri dan Batam Kompak Sejahterahkan Masyarakat

Satu Palem Nibung memiliki 5-30 anakan. Tinggi batang/pohon Nibung dapat mencapai 30 meter, lurus dan berduri, garis tengah batang sekitar 20 cm.

BACA: Pemko Tolak Investasi Bijih Plastik di Batam. Ini Alasannya

kebun raya batam

Batang dan daunnya terlindungi oleh duri keras panjang berwarna hitam.

Daunnya tersusun majemuk menyirip tunggal (pinnatus) hampir mirip daun kelapa ujungnya agak melengkung dan anak-anak daun menunduk sehingga tajuknya nampak indah.

BACA: 218 Nelayan Terima Bantuan Alat Tangkap Ikan dari Pemko Batam

kebun raya batam

Warna tangkai perbungaan kuning cerah. Bunga pohon Nibung berbentuk tandan seperti mayang kelapa yang menggantung, warna bulir kuning keunguan. Dalam setiap mayang ada 2 jenis bunga, bunga jantan dan bunga betina.

Baca Juga  Melalui Skill Up, Telkomsel Ajak UMKM Semakin Kreatif Manfaatkan Peluang Bisnis Kuliner

Umumnya 1 bunga betina diapit oleh 2 bunga jantan. Seludang pembungkus perbungaannya juga berduri. Buahnya bundar, berbiji satu permukaan halus warna ungu gelap.(iman Suryanto)


DomaiNesia