Home ยป Jaga Imunitas, Putus ‘Mata Rantai’ Penyebaran Covid-19

Jaga Imunitas, Putus ‘Mata Rantai’ Penyebaran Covid-19

Ilustrasi Vaksin Covid-19
Ilustrasi Vaksin Covid-19

IDNNews.id, Batam – Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengajak perangkat RT-RW menjadi pioner dalam penggerak masyarakat untuk andil memutus penyebaran Covid-19.

Ia pun meyakini kesadaran kolektif dapat mempermudah penanganan pandemi ini.

“Terkait Covid ini, saya titip mari kita sama-sama memutus penyebarannya,” kata Rudi saat menghadiri pelantikan pengurus RW XII dan RT III Perumahan Oma, Baloi Permai Batam Kota, Minggu (24/1/2021).

Wali Kota Batam HM Rudi
Wali Kota Batam HM Rudi

Sembari vaksinasi yang telah dimulai beberapa waktu lalu, Rudi kembali mengingatkan agar protokol kesehatan (prokes) dapat tetap dilakukan. Salah satu dari prokes yakni menjaga imunitas dengan rajin berolahraga.

“Pak RT RW terpilih ajak masyarakat gerak (olahraga), manfaatkan waktu libur Sabtu Minggu,” katanya.

Baca Juga  Jalin Kerja Sama dengan BAZNAS, Kepala BP Batam: Bantu Sesama Melalui Zakat

Menurutnya, tidak hanya sehat bahkan jadi saran bersilaturahmi antar warga. Ia mengaku dirinya melakukan hal yang sama di sela-sela tugas sebagai walikota dan Kepala BP Batam.

“Kalau sering olahraga imun kita naik. Ini adalah salah satu upaya kita terhindar dari penyakit ini,” ujar dia.

Tidak hanya itu, istirahat yang cukup dan pola makan juga perlu diperhatikan. Dengan manajemen waktu yang baik upaya-upaya ini ia yakini dapat dilakukan.

“Makan sehat itu tak perlu mahal. Jangan kira karena saya walikota makannya mahal-mahal seperti daging. Saya bapak ibu suka makan tahu tempe sayur,” terang Rudi.

Petugas Medis melakukan tes Covid-19 ke karyawan ATB
Petugas Medis melakukan tes Covid-19

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 memukul aktivitas perekonomian. Hal ini berdampak langsung pada ekonomi masyarakat. Sisi lain, pendapatan daerah juga terseret alhasil pembangunan terganggu.

Baca Juga  Ajang UMKM Uji Kurasi, BI Gandeng Pemda Gelar Gebyar Melayu Pesisir

Rudi selalu mengingatkan semua elemen masyarakat dalam setiap kegiatan yang ia hadiri, upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 terus dilakukan sehingga ekonomi kembali menggeliat.

“Covid ini membuat ruang gerak kita terbatas dan ekonomi terganggu. Untuk itu mari kita atasi,” ajak Rudi.(***)


DomaiNesia