Home » Jaga Wilayah Resapan Air, BP Batam Bakal Tanam 10 Ribu Pohon Gaharu di Tembesi

Jaga Wilayah Resapan Air, BP Batam Bakal Tanam 10 Ribu Pohon Gaharu di Tembesi

IDNNews.id, Batam – Demi menjaga kualitas dan keutuhan wilayah resapan air di sekitar Waduk Tembesi, Badan Pengusahaan (BP) Batam akan melakukan penanaman 10 ribu pohon.

Pohon berjenis Gaharu ini, nantinya akan ditanam di area seluas 15 hingga 20 hektar di sekitar wilayah resapan air Waduk Tembesi.

Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Budi Santoso saat jumpa pers di media Center BP Batam, Senin (26/11) pagi mengatakan kegiatan yang menggandeng Komunitas Go Green Indonesia ini mengusung tema Green Indonesia.

Untuk tahap pertama, akan dilakukan penanaman secara simbolis yang akan dilakukan pada Rabu (28/11) mendatang dan bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia.

“Awalnya, kegiatan ini akan dilakukan secara simbolis di daerah tangkapan air Tembesi. Namun karena waktunya bersamaan dengan agenda lainnya yang tidak kalah penting, maka Kepala BP Batam akan melakukan penanaman secara simbolis di BP Batam bersama para pejabat dan undangan lainnya,” jelas Budi Santoso.

Selanjutnya, tambah, kegiatan penanaman ini akan dilanjutkan secara berkelanjutan di kawasan yang sudah ditetapkan di Tembesi. Mengingat, saat ini Daerah Tangkapan Air (DTA) Tembesi saat ini kondisisangat memprihatinkan dan sudah mengalami kegundulan.

“Jadi terbilang disengaja, mengingat Batam sangat membutuhkan pasokan air baku. Untuk kebutuhan hidup. Sehingga dibutuhkan air yang berkualitas dan layak untuk bisa diolah menjadi air bersih,” jelasnya.

Untuk itulah, tambahnya, guna menjaga keutuhan daerah waduh sebagai wilayah resapan air pun menjadi hal yang sangat penting. Dan perlu dipahami bersama, jika terjadi pedangkalan air di waduk, maka usia waduk juga akan semakin pendek.

“Dan hal ini tidak kita harapkan. Oleh karenanya, kegiatan ini sangat penting untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Selain itu, waduk tembesi juga akan diguanakan dalam waktu dekat,” jelasnya. (Iman Suryanto)

Baca Juga  Jelang Naru 2019, Telkomsel Jamin Kelancaran Jaringan dan Layanan

DomaiNesia

Berita Terkait