Home » Jalani Rapid Antigen di Bandara Hang Nadim Batam, Belasan Calon Penumpang Positif Covid-19

Jalani Rapid Antigen di Bandara Hang Nadim Batam, Belasan Calon Penumpang Positif Covid-19

IDNNews.id, Batam – Belasan calon penumpang yang akan bepergian dari Bandara Hang Nadim Batam diketahui terkonfirmasi Positif Covid-19 pasca-menjalani tes Rapid Antigen di Bandara Hang Nadim Batam.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Badan Usaha Bandar Udara dan Tehnologi Informasi Komunikasi (BUBU TIK) Hang Nadim Batam, Benny Syahroni saat dikonfirmasi IDNNews.id membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, tercatat 17 calon penumpang yang diketahui positif saat dilakukan Rapid Antigen/ Antibodi di Bandara Hang Nadim yang bekerjasama dengan RSBP Batam.

Layanan pemeriksaan Rapit Antigen di Bandara Hang Nadim Batam
Layanan pemeriksaan Rapit Antigen di Bandara Hang Nadim Batam

“Jumlah belasan itu merupakan komulatif sejak tanggal 22 dan 23 Desember 2020,” terangnya.

Mengingat, dari 792 total jumlah penumpang yang menjalani Rapid Antigen/ Antibodi di Bandara Hang Nadim selama dua hari tersebut, 17 diantaranya positif.

Baca Juga  Dukung Efisiensi UMKM, PGN Layani Produsen Roti di Dumai

“Setelah mengetahui belasan penumpang tersebut positif, langkah kita selanjutnya adalah melarang yang bersangkutan untuk terbang. dan wajib menjalani prosedur protokol kesehatan yang sudah ditetapkan,” jelasnya.

Dan untuk hasil yang akurat, tambahnya, calon penumpang tadi disarankan untuk melakukan tes swab PCR. “Penumpang pun diarahkan ke maskapai untuk melakukan refund tiket,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, menyusul diterbitkannya Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan terkait Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021, oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19, bahwa pelaku perjalanan yang menggunakan alat transportasi udara, darat dan laut wajib menunjukkan surat keterangan negatif rapid test antigen swab paling lama 3 x 24 jam atau H-3 sebelum berangkat, yang mana hal ini berlaku juga bagi perjalanan yang menggunakan kendaraan pribadi maupun umum sesuai dengan daerah tujuan.

Baca Juga  Respon Frank Lampard Setelah Dipecat Chelsea

Direktur RSBP Batam, Afdhalun A. Hakim, mengemukakan, terkait dengan aturan tersebut, Rumah Sakit Badan Pengusahaan (BP) Batam mendukung program pemerintah untuk kelancaran perjalanan ke luar daerah dengan menyediakan layanan rapid test antigen swab di Bandara Hang Nadim.

“Hal ini dilakukan untuk membantu kelancaran proses pelayanan bagi calon penumpang yang akan melakukan perjalanan ke luar Kota Batam, terutama dalam melengkapi syarat administrasi yang harus disiapkan untuk memenuhi syarat perjalanan ke Jakarta dan kota-kota lain di Pulau Jawa saat pandemi Covid-19,” kata Afdhalun.

Selain itu, tambahnya, RSBP Batam, juga membuka layanan rapid test antigen swab di RSBP Batam di Sekupang dan di Klinik Baloi dengan biaya sebesar Rp275.000,- sejak tanggal 21 Desember 2021.

Baca Juga  BP Batam Gelar Bimtek Penyusunan SOP dan Proses Bisnis

Untuk membantu kelancaran pelayanan di Bandara Hang Nadim, RSBP Batam telah menurunkan 1 tim, yang terdiri dari bagian medis dan non medis, yang dilengkapi dengan peralatan untuk pemeriksaan rapid antigen swab, APD lengkap dan mobil ambulans.

“Hal ini juga sesuai dengan instruksi dari Pimpinan BP Batam, agar RSBP Batam bersama BUBU Hang Nadim saling bersinergi dan berkordinasi dalam kelancaran pelayanan kepada masyarakat, terutama untuk penerapan protokol kesehatan,” tambah Afdhalun. (Iman Suryanto)


DomaiNesia