Home » JKN-KIS Jadi Asuransi Terbesar di Dunia, 90,86 Persen Warga Batam Telah Terdaftar

JKN-KIS Jadi Asuransi Terbesar di Dunia, 90,86 Persen Warga Batam Telah Terdaftar

BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan

IDNNews.id, Batam – Indonesia diketahui memiliki skema Single-Payer Asuransi Kesehatan Terbesar di Dunia. Bahkan sejak diluncurkan sejak tahun 2014 (jalan 7 tahun) ini, diketahui telah menjangkau atau mengcover 90 persen dari total penduduk di Indonesia.

Berdasarkan data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, diketahui total jumlah peserta Jaminan Kesehatan NasionaI-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mencapai 221.580.743 jiwa di Mei 2019. Dan jumlah tersebut sebesar 83,94% dari total penduduk di Indonesia.

Dari angka tersebut, sebanyak 32.033.542 jiwa terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dari segmen PPU swasta. Dan akhir April 2019, terdapat 265.455 badan usaha yang telah terdaftar dalam Program JKN-KIS.

BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan

“Kita sangat bersyukur atas pencapaian ini, meski dengan berbagai kekurangan dan keterbatasan dari program JKN-KIS ini. Dan kini, telah menjadi program asuransi terbesar atau single payer asuransi kesehatan terbesar,” jelas Yustinus Prastowo, Staf Khusus Menteri Keuangan RI Bidang komunikasi strategis dalam Media Workshop dan Anugerah Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan Tahun 2020 yang digelar di Kantor BPJS Kota Batam, Kamis (22/10/2020) pagi.

Baca Juga  Dramatis, Cavani jadi Penyelamat MU Saat Melawan Southampton

Prinsip dasar dari JKN-KIS ini adalah, tambahnya, adalah bagaimana warga yang mampu membayar iuran yang lebih tinggi sementara yang kurang mampu dibayarkan (subsidi) oleh negara.

“Program JKN-KIS ini sangat memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Dan salah satu manfaat program JKN-KIS yang dirasakan langsung oleh warga adalah tanggung jawab pemerintah dalam urusan kesehatan warganya,” tegasnya.

90,86 Persen Warga Batam Telah Terdaftar di JKN-KIS

Sementara itu, untuk total jumlah peserta Jaminan Kesehatan NasionaI-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kota Batam diketahui jumlah pesertanya per 1 Oktober 2020 sebanyak 1.019.323 orang atau 90,86 persen dari total penduduk di Kota Batam dengan jumlah mencapai 1.121.875 jiwa.

Baca Juga  Kalahkan Fiorentina, AC Milan Kokoh di Puncak Klasemen Sementara Seri A

Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Batam, Irfan Rachmadi membenarkan hal tersebut. Bahkan dirinya menegaskan bahwa dari jumlah tersebut dibagi dalam beberapa jenis kepersertaan.

“Dari jumlah tersebut terbagi dalam penerima bantuan iuran (PBI) APBN sebanyak 158.701 jiwa, PBI APBD sebanyak 41.417 jiwa, pekerja penerima upah sebanyak 559.078 jiwa, pekerja mandiri sebanyak 255.899 jiwa hingga pensiunan atau veteran sebanyak 4.228 jiwa,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, dalam program JKN dan KIS memiliki beberapa manfaat. Mulai dari Protection, Sharing, dan Compliance.

BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan

Dimana, Protection berarti melindungi diri dan keluarga ketika sakit, terutama sakit berbiaya mahal. Saat dalam keadaan sehat, tentu jaminan kesehatan tidak dibutuhkan. Namun ketika sakit, maka kemungkinan akan ada konsekuensi biaya yang ditanggung dan nominalnya tidak bisa diperkirakan. Disinilah proteksi dibutuhkan untuk menghindari diri dan keluarga dari sadikin (sakit sedikit miskin).

Baca Juga  XL Axiata Raih Penghargaan Marketeers Youth Choice Brand of The Year 2020

Kemudian, Sharing berarti sekeluarga dapat membantu yang sakit jika kita tetap sehat atau tidak memanfaatkan JKN-KIS. Sebelum ada Program JKN-KIS, banyak masyarakat yang sakit tidak mampu berobat karena kendala uang.

Kini, Program JKN-KIS membuat keuangan masyarakat yang sakit terselamatkan. Di sinilah kehadiran kita sebagai peserta yang sehat memberi arti bagi orang lain yang sakit melalui iuran JKN-KIS yang dibayarkan setiap bulan.

Sedangkan Compliance, berarti kita sekeluarga taat sebagai warga negara yang menjalankan kewajiban untuk menjadi Peserta JKN-KIS sesuai Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. (Iman Suryanto)


DomaiNesia