Home » Kakanpel BP Batam: Perka 11/2018 Membuat Batam Lebih Bergairah dan Kompetitif

Kakanpel BP Batam: Perka 11/2018 Membuat Batam Lebih Bergairah dan Kompetitif

IDNNews.id, Batam – Badan Pengusahaan (BP) Batam menerbitkan Peraturan Kepala (Perka) Badan Pengusahaan (BP) Batam Nomor 11/2018. Perka tersebut, diketahui berisikan tentang tarif dan jasa pelabuhan dan merupakan revisi dari beberapa Perka sebelumnya, yakni Perka Nomor 15, 16 dan 17 tahun 2012 serta Perka 17/2016.

Nasrul Amri Latif, Kepala Badan Pelabuhan Laut BP Batam saat Coffe Morning bersama awak media, Selasa(23/10) pagi mengatakan Perka ini, merupakan hasil kesepakatan antara pengguna jasa pelabuhan dengan BP Batam.

BACA: MenPAN-RB segera Realisasikan SOTK Baru di BP Batam

“Dengan adanya Perka ini, akan lebih memudahkan dan menyimpelkan sistem yang sudah ada,” jelas Nasrul.

Kemudahan tersebut bisa dilihat dari sistem kesederhanaan, transparasi serta Kecepatan, kemudian Profesional dan akuntabel dalam pelaksanaan.

Baca Juga  Pulihkan Ekonomi Pasca-Pandemi, Pjs Wali Kota Batam Luncurkan Batam Golf 2021

Dan hal yang paling menarik di dalamnya adalah, seluruh transaksi dilakukan menggunakan mata uang rupiah. Selain itu, tidak ada pungutan untuk tarif tambat bagi Terminal Untuk Kepentingan Sendiri atau Terminal Khusus (Tersus).

“Sebenarnya dalam poin-poin di dalamnya tidak ada hal yang baru, akan tetapi dengan adanya Perka ini akan membuat Batam menjadi semakin bergairah, memiliki daya saing serta kompetitif,” jelasnya.

BACA: BP Batam Buka Batam Open Archery Championship 2018 di Temenggung Abdul Jamal

Sebagaimana diketahui, Peraturan Kepala (Perka) Badan Pengusahaan (BP) Batam Nomor 11/2018 ini terkait Terminal umum, terminal khusus, wilayah labuh, tambat, tarif jasa pelabuhan,
Jenis tarif layanan, pelaksanaan tarif layanan kepelabuhanan, jam operasional, tarif khusus denda dan pelaporannya.

Baca Juga  Sabtu Malam, All New Honda Scoopy Generasi Terbaru Diluncurkan di Kepri

Di dalam Perka tersebut juga terdapat pembebasan tarif pelayanan pemanduan yang diberlakukan kepada kapal angkutan dalam dan luar negeri, kapal angkutan air luar negeri dengan beberapa ketentuan. (Iman Suryanto)


DomaiNesia