Home ยป Kantongi Klasifikasi Utama, Bandara Hang Nadim Batam Miliki Kemampuan ‘Wow’

Kantongi Klasifikasi Utama, Bandara Hang Nadim Batam Miliki Kemampuan ‘Wow’

IDNNews.id/Iman Suryanto, Suasana Arus Mudik di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kamis (30/5/2019)

IDNNews.id, Batam – Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam merupakan salah satu aset penting yang dimiliki oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam. Bahkan Bandara yang dibangun sejak tahun 1984 ini, telah mengantongi klasifikasi sebagai Bandara Kelas Utama sejak 10 tahun lalu.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) dan Teknologi Informasi Komunikasi, Suwarso saat ditemui IDNNews.id disela-sela Penandatangan kerjasama antara BP Batam dan Polri di Gedung BP Batam , Kamis (9/7/2020) pagi.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim dan TIK Badan Pengusahaan (BP) Batam Suwarso
Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim dan TIK Badan Pengusahaan (BP) Batam Suwarso

Pria berkacamata ini juga menyebutkan bahwa, dengan memiliki klasifikasi Kelas Utama sejak 10 tahun silam tentunya Bandara Hang Nadim Batam memiliki kemampuan dan kehandalan tersendiri.

“Klasifikasi Kelas Utama di tingkatan Bandara, merupakan tingkatan tertinggi. Dan tentunya, Bandara Hang Nadim Batam memiliki fasilitas dan keunggulan,” jelasnya.

Baca Juga  Polda Kepri Amankan Tersangka PMI Ilegal bersama 6 Korbannya

Diantaranya, memiliki landas pacu yang terpanjang di Indonesia dan kedua di Asia Tenggara setelah Bandara Internasional Kuala Lumpur Kuala Lumpur. Serta memiliki garbarata 6 gate 10 aviobridge dan kapasitas apron dengan luas 690mx140m dan 225m x 49m.

Selain itu, tambahnya, telah memiliki fasilitas keselamatan penerbangan dan sudah mengantongi kategori 9.

“Kategori 9 ini, tentunya dilengkapi dengan berbagai fasilitas penting didalamnya. Mulai dari mobil pemadam kebakaran dengan daya tampung air 2.400 liter, operasional sudah 24 jam lebih hingga memiliki instrumen landing system atau alat bantu keselamatan pendaratan pesawat juga ada,” jelasnya.

IDNNews.id/Iman Suryanto

Selain itu, fasilitas lainnya di Bandara Hang Nadim yaitu Air Traffic Control & Navigational Aids yang didukung oleh Radar Surveillance Tanjungpinang.

Baca Juga  Dukung Efisiensi UMKM, PGN Layani Produsen Roti di Dumai

Serta memiliki 3 unit Foam Tender Tipe I Kapasitas 12.500 Liter. Kemudian dua unit Foam Tender Tipe II Kapasitas 10.000 Liter, satu unit Foam Tender Tipe IV kapasitas 5.000 Liter dan 1 unit Rapid Intervention Vehicle (RIV). Serta dua unit Nurse Tender, 2 unit Ambulance, 1 unit Commando Car, serta, 1 unit Utility. (Iman Suryanto)


DomaiNesia