Home » Kapal Patroli Baladewa 8002 Amankan 12 Pekerja Migran Indonesia Ilegal

Kapal Patroli Baladewa 8002 Amankan 12 Pekerja Migran Indonesia Ilegal

IDNNews.id, Batam – Kapal Patroli Kapal Patroli PoIisi Baladewa 8002 Ditpolair
Baharkam Polri menggagalkan pengiriman 12 Pekerja Migran Indonesia ilegal pada
Kamis(18/10).

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Drs. S. Erlangga didampingi Direktur
Kepolisian Perairan dan Udara Polda Kepri Kombes Pol Benyamin Sapta T. Sik.,
M.si, serta Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Kepri menuturkan, penangkapan
tersebut berawal dari patroli rutin yang dilakukan oleh Kapal Patroli Baladewa 8002 di sekitar perairan Pulau Seribu, Kelurahan Ngenang, Kecamatan Nongsa, Perairan Nongsa Batam.

Di lokasi tersebut, petugas menemukan satu speed Boat kayu tanpa nama berwarna kuning bermesin tempel merk dan satu unit speed Boat berwarna biru.

Baca Juga  Aplikasi SIP BOS Pemko Batam Masuk Finalis Smart City Asia Pasific Award

Di sekitar hutan bakau yang tidak jauh dari lokasi penemuan tersebut, juga ditemukan 12 Pekerja Migran Indonesia Ilegal.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, mereka (pekerja migran ilegal) akan diberangkatkan ke Malaysia tanpa dokumen yang sah. 11 di antaranya laki-laki dan seorang perempuan,” jelasnya.

Selain itu, petugas juga mengamankan 2 orang di TKP dengan inisial U dan A yang diduga ke 2 (dua) orang tersebut berperan untuk mengurus kebutuhan para pekerja migran sebelum diberangkatkan ke Malaysia.

Selanjutnya, para 12 pekerja migran Indonesia ilegal bersama 2 agen tersebut, dibawa ke Pelabuhan Batu Ampar guna proses lebih lanjut.

Akibat perbuatannya, mereka dikenai pasal 81 jo pasal 69 jo pasal 86 huruf c jo pasal 72 huruf c Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.(Iman Suryanto)


DomaiNesia