Home ยป Kehandalan Listrik Jadi ‘Roda’ Perbaikan Ekonomi di Kepri

Kehandalan Listrik Jadi ‘Roda’ Perbaikan Ekonomi di Kepri

IDNNews.id, Batam – Energi Listrik, merupakan salah satu kebutuhan yang mendasar bagi seluruh warga negara. Terlebih lagi, Indonesia sebagai negara berkembang membuat ketersediaan energi juga sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Oleh karenanya, pertumbuhan ekonomi dan ketersediaan energi sangat memiliki kaitan yang sangat kental. Mengingat, selain ketersediaan energi mendorong pertumbuhan ekonomi, permintaan energi listrik juga menjadi cerminan pertumbuhan ekonomi.

Hal yang sama juga tengah dilakukan oleh bright PLN Batam dalam menjaga kehandalan listrik di Kota Batam, Provinsi Kepri.

Vice President of Public Relation Bright PLN Batam, Samsul Bahri mengatakan bahwa kehandalan listrik di Kepri merupakan roda depan dalam upaya memperbaiki dan membangkitkan perekonomian Kepri saat ini.

Baca Juga  Melalui Skill Up, Telkomsel Ajak UMKM Semakin Kreatif Manfaatkan Peluang Bisnis Kuliner

Dimana listrik yang andal mampu memenuhi hajat hidup orang banyak dan memiliki peran strategi dalam pembangunan Kepri.

“Oleh karena itu, bright PLN Batam berkomitmen memberikan pelayanan ekstra andal, aman dan yang paling penting pasokannya cukup serta ramah lingkungan,” sebutnya.

Samsul menjelaskan, untuk memenuhi itu semua, bright PLN Batam tengah membangun jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV, dan Jaringan Saluran Udara Tengah Menengah (SUTM).

“SUTT 150 KV kita sudah mengelilingi Pulau Batam (loop) tinggal sedikit saja lagi yang masih terkendala, kalau itu bisateratasi dan terhubung, maka jauh semakin anda lah pelayanan kelistrikan di Batam dan Kepri, karena semua pembangkit dapat terhubung dalam satu rangkaian, dan dapat saling membantu, jika salah satunya harus menjalani perawatan rutin,” ungkap Samsul.

Baca Juga  Ini Dia Keunggulan dan Kecanggihan Dari All New Honda Scoopy 2020

Sementara itu, untuk wilayah operasional Barelang, PLN Batam telah menegakkan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM).

Jaringan ini terbentang hingga ke ujung Pulau Galang. Jaringan transmisi tersebut di support oleh beberapa gardu induk yang tersebar di wilayah Batam yang menandakan jaringannya sudah bagus dan handal.

“Oleh karena itu, sebagai sumbangsih dan komitmen kami, pada masyarakat Batam, saat ini kami sedang gencar-gencarnya mengaliri listrik ke desa-desa yang berada di pesisir,” tegas Samsul.

Ia berharap di awal tahun 2021 nanti, semua kendala terkait pembangunan jaringan SUTT dapat teratasi, sehingga semua masyarakat Batam dan Kepri, baik yang berdomisili di kota maupun pesisir, dapat menikmati keandalan listrik tanpa byarpet. (***)


DomaiNesia