Home » KemenPAN-RB Berikan Penghargaan untuk Pemerintah Daerah di Batam

KemenPAN-RB Berikan Penghargaan untuk Pemerintah Daerah di Batam

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo

IDNNews.id, Batam – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang dianggap telah menyelenggarakan pelayanan publik terbaik.

“Saya kira ini untuk memberikan motivasi kepada daerah yang secara serius mereformasi birokrasinya, mengoptimalkan layanan kepada masyarakat,” kata Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo di Batam, Kepulauan Riau, Kamis sebagaimana dilansir Antara.

Penghargaan untuk unit penyelenggara pelayanan publik kategori pelayanan prima ini, diberikan kepada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat, Provinsi Riau, Kota Bogor, Kota Pekanbaru dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman.

Kemudian Kepala Daerah Pembina Pelayanan Publik dengan kategori sangat baik diperoleh Wali Kota Bogor dan Wali Kota Bandung.

Selain itu, Kemenpan RB juga memberikan penghargaan kepada 37 unit penyelenggara pelayanan publlik kategori sangat baik, di antaranya Disdukcapil Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka, Banda Aceh, Kota Bogor dan Kota Bandung.

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo
Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo

“Tujuan kami dengan memberikan penghargaan ini, daerah yang belum mendapatkan penghargaan akan terangsang untuk berani mengambil kebijakan dan mengambil inovasi sekecil apa pun baik ditingkat desa, kelurahan, kecamatan,” kata dia.

“Sekecil apa pun keinginan masyarakat harus terpenuhi. Sekecil apa pun kecepatan memberikan layanan publik kepada masyarakat harus dipercepat diperkuat,” kata dia.

Ia juga mendorong kepala daerah untuk membuat inovasi yang dapat memangkas birokrasi dan mempermudah investasi. Tata kelola pemerintah, lanjut Menteri, harus semakin cepat, efektif dan efisien.

Birokrasi musti dipangkas agar investasi semakin mudah, pengusaha bisa lebih cepat menanamkan modalnya, layanan masyarakat semakin baik sehingga mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah. (*/ant)

Baca Juga  Mulai Tahun 2020, Tarif Listrik 900 VA Naik Rp 29 Ribu per Bulan

DomaiNesia