Home » Kepala BP Batam: ATB Ikuti Lelang Waduk Tembesi

Kepala BP Batam: ATB Ikuti Lelang Waduk Tembesi

IDNNews.id, Batam – Tender pengelolaan Waduk Tembesi yang ada di Kota Batam saat ini sudah mulai memasuki tahapan Pra-Kualifikasi (PQ). Dan jika tidak ada halangan direncanakan akan diumumkan pemenang PQ-nya pada Senin (25/2/2019) mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Edy Putra Irawadi disela-sela rapat teknis forum pengawal dan pelaksanaan sistem Online Single Submission (OSS), di Bida Marketing Gedung BP Batam, Jumat (22/2/2019) siang.

“Saat ini kami sedang membahas dan telah melakukan PQ. Dan sudah ada 9 perusahaan yang masuk dalam PQ. Salah satunya PT. Adhya Tirta Batam (ATB). Dan Senin sudah bisa diketahui hasilnya. Sementara pemenangnya diperkirakan akan diumumkan April 2019 mendatang,” jelas Edy Putra Irawadi.

Ia juga mengatakan, apa yang dilakukan oleh Badan Pengusahaan Batam dalam melakukan lelang ini sangat penting. Mengingat Kota Batam kan terkenal akan surplus air dan listriknya.

“Untuk itu, saya tengah konsentrasi dalam lelang Waduk Tembesi. Selanjutnya, waduk Sei Gong yang akan diairi. Mengingat ini adalah proyek strategis nasional,” jelasnya.

Sebelumnya, lebih kurang ada 33 investor yang tertarik bekerjasama dalam pengelolaan Waduk Tembesi. Seperti PT Adhya Tirta Batam (ATB), PT Pembangunan Perumahan, Wijaya Karya, Waskita. Ada juga perusahaan dari luar negeri seperti dari Singapura, Jepang, Filipina dan lainnya. Dari beberapa perusahaan ini, akan dipilih satu pemenang terbaik.

Adapun taksiran nilai investasi yang akan dipekerjakan, mencapai Rp 250 miliar hingga Rp 300 miliar. Nantinya pemenang tender akan melakukan paling tidak enam pekerjaan di sana.

Di antaranya, perbaikan instalasi dari waduk atau dam, pemasangan pipa dari waduk menuju tempat WTP. Kegiatan di WTP sendiri, dari WTP ke reservoir, sampai ke kegiatan memasukkan air ke rumah-rumah warga (Iman Suryanto)

Baca Juga  Peringati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, BP Batam Hadirkan Ustadz Derry Sulaiman

DomaiNesia

Berita Terkait