Home ยป Kerap Meresahkan Warga Batam, Polresta Barelang Tembak Kaki Lima Pembegal

Kerap Meresahkan Warga Batam, Polresta Barelang Tembak Kaki Lima Pembegal

IDNNews.id, Batam – Sebagai bentuk tindakan tegas, sekaligus memberikan efek jera kepada para pelaku Curas dan Jambret atau Begal, Polresta Barelang menembak kaki dari lima pelaku dlam sebuah operasi.

“Dalam mengamankan 5 dari 8 pelaku Curas dan Jambret atau Begal, anggota kita melakukan tindakan tegas dan terukur kepada para pelaku. Mengingat, saat akan kita amankan mereka mencoba melarikan dan melawan perlawanan kepada petugas,” jelas Kepala Kepolisian Resort Kota (Kapolresta Barelang) Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Prasetyo Rachmat Purboyo di sela-sela jumpa pers dengan awak media di Mapolresta Barelang, Selasa (1/10/2019) siang.

Ia pun berharap, dengan hasil tangkapan tersebut, bisa membuat Kota Batam menjadi lebih kondusif dan aman.

Dan tindakan ini, tambahnya, juga sebagai tanda ataupun sinyal kepada para pelaku lainnya , bahwa Polresta Barelang tidak akan main-main terhadap aksi-aksi kejahatan di wilayah hukumnya.

Kapolresta Barelang AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo
Kapolresta Barelang AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo

“Kalau masih ada yang main-main di wilayah hukum Polresta Barelang, maka akan berhadapan langsung dengan kami. Kami tidak akan segan-segan untuk memberikan tindakkan tegas kepada para pelaku,” tegasnya.

Dari gelar perkara tersebut, aparat keamanan mengamankan 8 pelaku Curas dan Jambret atau Begal yang kerap melakukan aksi-aksinya dengan mengincar perempuan yang mengendarai motor sendirian dan meletakan benda berharga mereka di dasboard kendaraannya. Seperti Dompet, HP dan sebagainya.

“8 pelaku ini, kita sangkakan dengan pasal 365, dan ancaman hukuman selama 12 tahun penjara,” jelasnya.

Ada Dua Residivis

Dari delapan tersangka yang diamankan oleh aparat Kepolisian Polresta Barelang, diketahui ada dua residivis yang. Dimana kedua orang tersebut, sebelumnya telah menjalani hukuman dalam kasus Curamor. Namun kali ini, mereka melakukan aksi curas.

“Dua orang ini, merupakan residivis. Sebelumnya menjalani hukuman dalam kasus Curamor. Namun kini meningkat menjadi curas dan begal,” jelasnya.

Ketika disinggung wilayah mana yang dianggap paling rawan untuk aksi-aksi kejahatan seperti ini, Kapolrest Barelang ini menyebutkan wilayah Sagulung, Batuaji dan Sekupang.

Kapolresta Barelang AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo

“Dari data kita, itu daerah yang palig rawan. Mengingat kawasan di sana pagi hingga siang ramai, sementara malam terbilang sepi. Dan hal inilah yang menjadikan lokasi tersebut menjadi daerah ideal bagi para pelaku kejahatanm” terangnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dan mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan. Khususnya untuk kaum perempuan yang mengendarai kendaraan bermotor dalam jam malam. (Iman Suryanto)


DomaiNesia

Berita Terkait