Home » Ketum TP-PKK Instruksikan Kadernya Masifkan Kampanye Protokol Kesehatan

Ketum TP-PKK Instruksikan Kadernya Masifkan Kampanye Protokol Kesehatan

IDNNews.id, Batam – Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian tak hanya membagikan 5 ribu masker kepada masyarakat Batam.

Ia juga secara tegas menginstruksikan para kader PKK untuk memasifkan kampanye protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, kepada masyarakat sehingga pemahaman tentang Prokes dapat membudaya di masyarakat.

“Saya sebagai Ketum PKK menginstruksikan kepada semua pengurus PKK di Indonesia, seluruh kader PKK untuk tidak henti-hentinya mengampanyekan/menyosialisasikan protokol kesehatan ini kepada masyarakat,” tegasnya.

Tidak berharap muluk-muluk, Tri mengakui bahwa harapannya, sosialisasi tersebut dapat berguna dan menjangkau orang-orang yang ada di lingkup terdekat terlebih dahulu.

Salah satu fokus sosialisasi prokes ialah edukasi pemakaian masker yang benar sehingga dapat efektif mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga  Warga Dusun 1 Gemuruh Kundur Dukung Soerya Respationo Jadi Gubernur Kepri

“Walaupun tidak bisa mencapai seluas-luasnya tetapi di lingkungan terdekat kita, kita harus tetap tidak kendor, tidak boleh kita putus semangat menyelenggarakan kampanye protokol kesehatan,” kata Tri saat memberikan sambutan pada kegiatan sosialisasi protokol kesehatan dan bantuan makanan bergizi untuk ibu hamil, lansia dan balita di Kelurahan Batu Besar, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (10/11/2020).

Tri meyakini bahwa masyarakat Indonesia, khususnya Batam pada saat itu dapat mengatasi pandemi ini asalkan memiliki rasa kebersamaan dan menyinergikan visi-misi yang sama sebagai satu bangsa, yaitu mempedomani protokol kesehatan.

“Karena masalah ini hanya bisa diatasi kalau kita bersama-sama mempunyai visi misi yang sama, melaksanakan protokol kesehatan di manapun berada, kapanpun juga dan menyadari protokol kesehatan kita, keluarga kita dan lingkungan kita yang ujung-ujungnya adalah semua masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga  Inginkan Perubahan, 'Mba Yu’ Jamu Gendong Se-Karimun Kompak Pilih SInergi Kepri di Pilkada

Ia juga mengimbau agar kader PKK dan seluruh masyarakat untuk meng-update informasi-informasi yang dibutuhkan sehubungan dengan penanganan Covid-19, dan memilah-milah informasi yang benar dan hoax.

“Saya yakin hanya 5 menit saja membuka gadgetnya, membaca apa saja yang berhubungan dengan Covid-19, satu hari 5 menit, 10 hari 50 menit, itu pasti luar biasa pengetahuan yang terserap,” imbaunya.

Selain itu, Tri menggunakan kesempatan yang baik tersebut untuk memperhatikan program PKK lain, di antaranya membagikan bantuan makanan-makanan sehat dan bergizi kepada ibu hamil, lansia dan balita.

“Kami harapkan Ibu hamil tetap memeriksakan secara berkala kehamilannya karena ini penting dan juga kesehatan dengan memakan makanan sehat, dan juga kebersihan diri dan lingkungannya,” pungkasnya.

Baca Juga  HUT ke-49 Korpri, ASN Dituntut unruk Cepat, Tepat, dan Hebat

Dalam kegiatan tersebut, turut mendampingi Ketum TP PKK Pusat di antaranya: Pjs. Ketua TP PKK Provinsi Kepri Sofha Marwah Bahtiar, Wakil Ketua III DPRD Kepri Tengku Afrizal Dahlan, Pjs. Ketua TP PKK Kota Batam Ibu Syamsul Bahrum, Camat Nongsa, dan Ibu-Ibu Forkopimda Kepri serta kader-kader PKK se-Kota Batam. (***)


DomaiNesia