Home » Komisi 1 Dukung Peningkatan Kualitas Pelayanan dan Teknologi di Disdukcapil Batam

Komisi 1 Dukung Peningkatan Kualitas Pelayanan dan Teknologi di Disdukcapil Batam

Layanan di Disdukcapil Kota Batam. Foto/Dok
Layanan di Disdukcapil Kota Batam. Foto/Dok

IDNNews.id, Batam – Sebagai bentuk memaksimalkan pelayanan keadministrasian kepada masyarakat, tentunya banyak hal dan program khusus yang akan dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam untuk mewujudkannya.

Salah satunya melalui pemanfaaatan teknologi teranyar dalam program kerjanya. Sehingga respon cepat dalam melayani keluhan masyarakat bisa cepat diatasi dan ditangani secara langsung.

Oleh karenanya, Anggota Komisi 1 DPRD Kota Batam Utusan Sarumaha mengungkapkan dukunganya terhadap Pemerintah Kota Batam dalam hal ini Disdukcapil, untuk memiliki sebuah perangkat teknologi baru yang bisa mendukung program kerjanya.

Utusan Sarumaha, Anggota Komisi 1 DPRD Kota Batam
Utusan Sarumaha, Anggota Komisi 1 DPRD Kota Batam

“Kami sangat mendukung penuh langkah-langkah Disdukcapil Kota Batam dalam meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat, melalui peningkatan kapasitas server dan pengadaan perlengkapan pendukung lainnya. Hal ini juga tentunya sangat berpengaruh pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat juga nantinya,” terang Utusan Sarumaha saat menghubungi IDNNews.id, Jumat (5/3/2021) malam.

Baca Juga  Genki Sushi Hadir di Grand Batam Mall

Politisi Hanura Kota Batam ini juga memandang, selama ini pelayanan di Disdukcapil Kota Batam terbilang sudah sangat bagus. Namun demikian, perlu adanya peningkatan dan mempertahankan kualitas pelayanan.

Pihaknya pun mengepresiasikan kinerja yg sudah dilakukan secara maksimal utk masyarakat kota Batam. Dan peningkatan kualitas teknologi sudah merupakan keharusan di era kini.
Hal-hal yang belum maksimal, tambahhnya, kiranya perlu diciptakan rumus-rumusan yang baru. Seperti peningkatan penggunaaan secara online.

“Untuk itu, saya mendorong Pemko Batam dan Disdukcapil Kota Batam untuk segera merealisasikan Pengadaan Server dan alat cetak yang baru. Sehingga pelayanan kepada masyarakat tidak mengalami gangguan,” jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, meminta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Batam serius menyelesaikan permasalahan lambatnya pengurusan e-KTP di Batam.

Baca Juga  Geostrategis Jadi Pertimbangan Pusat Data Nasional di Batam

Bahkan, Rudi ‘mengultimatum’ seluruh pegawai Disdukcapil agar dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.

Layanan di Disdukcapil Kota Batam. Foto/Dok
Layanan di Disdukcapil Kota Batam. Foto/Dok

”Saya masih mendengar banyaknya keluhan masyarakat terkait kepengurusan e-KTP ini. Kepada Kadisduk (Kepala Disdukcapil), Pak Heryanto, saya sudah titipkan pesan ini kepada anda sebelum anda saya lantik. Saya minta permasalahan ini segera ditindaklanjuti,” tegas Rudi sebagaimana dilansir Batam Pos.

Wali Kota juga meminta Kepala Disdukcapil agar masyarakat yang sudah terintegrasi datanya, segera dipanggil untuk dilakukan pencetakan e-KTP. Sehingga, tak ada alasan lagi bahwa blanko kosong atau tidak siap. (Iman Suryanto)


DomaiNesia