Home » Komisi IV DPRD Batam Temukan Ini saat Sidak di PT CHD Power Plant Operation

Komisi IV DPRD Batam Temukan Ini saat Sidak di PT CHD Power Plant Operation

IDNNews.id, Batam – Disela-sela inspeksi mendadak (sidak) di PT China Huadian (CHD) Power Plant Operation, Telaga Pinggir, Batam, anggota Komisi IV DPRD Batam menemukan hal yang menarik.

Dimana sidak yang awalnya untuk mengecek kondisi para pekerja perusahaan tersebut yang didominasi tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok dari Virus Corona ini, ternyata memiliki instruksi kerja dan berkomunikasi menggunakan bahasa asing.

“Selain tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia, para pekerja disana hanya menggunakan bahasa Tiongkok. Dan secara Undang-Undamg, para TKA ini harus ada pendampingnya, karena itu pastinya sering terjadi miss komunikasi oleh sulitnya memahami bahasa,” jelas Anggota Komisi IV, Mustofa saat ditemui awak media, Jumat (21/2/2020) siang.

Selain itu, tambahnya, instruksi kerja tidak menggunakan bahasa indonesia, melainkan bahasa tiongkok.

Rombongan komisi IV juga menyoroti legalitas dari para TKA tersebut. Namun saat diminta dokumen resmi, HRD perusahan tidak dapat menunjukkannya.

“Alasannya karena dokumen resmi dipegang pejabat di perusahaan tersebut dan kebetulan tidak berasa di tempat saat itu, untuk itu kita akan melakukan pemanggilan terkait dokumen yang dimiliki para pekerja tersebut,” jelasnya.

Sebagaimana dari hasil sidak tersebut, diketahui jumlah TKA di perusahaan tersebut sebanyak 98 orang. Dan semuanya berasal dari Tiongkok. Sementara itu, jumlah tenaga kerja indonesia ada 130 orang. (*)

Baca Juga  Rekomendasikan Rp 40 Miliar Tangani Covid-19, Ketua DPRD Kepri: Penggunaan Anggaran Harus Tepat Sasaran

DomaiNesia

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Terkait