Home ยป Konsesi Pengelolaan Air Bersih Berakhir. ATB Ucapkan Terima Kasih, BP Batam : PT Moya Sudah ‘Pegang’ Aset

Konsesi Pengelolaan Air Bersih Berakhir. ATB Ucapkan Terima Kasih, BP Batam : PT Moya Sudah ‘Pegang’ Aset

IDNNews.id, Batam – Berakhirnya perjanjian konsesi pengelolaan air yang dilakukan oleh PT Adhya Tirta Batam (ATB) dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam sudah mendekati titik pengakhiran.

Hal ini terlihat dari Penandatanganan Berita Acara Pengakhiran Konsesi ATB dan BP Batam di Bida Marketing BP Batam, pada Jumat (13/11/2020) pagi.

Saat itu, kedua pimpinan dari institusi dan lembaga tersebut terlihat hadir dan ‘mencair’ dalam suasana silahturahmi yang sangat kental.

“Pertemuan di dalam tadi berjalan dengan sangat lancar. Dan semuanya sudah sesuai dengan apa yang disepakati dan sudah didiskusikan dari beberapa rangkaian yang begitu panjang selama ini,” jelas Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus saat ditemui IDNNews.id.

Pihaknya pun menegaskan bahwa ATB melalui Presiden Direktur PT Adhya Tirta Batam (ATB) meminta agar kedepannya pelayanan yang akan dijalankan oleh BP Batam yang akan dioperasikan oleh operator baru, bisa berjalan maksimal.

Baca Juga  Hasil Investigasi Pendidikan, Diduga Ijazah Calon Petahana Wali Kota Batam Palsu

“Setidaknya sama dengan apa yang telah diberikan oleh ATB. Atau setidaknya lebih baik dari sebelumnya. Mengingat, Batam ini adalah tujuan dari investasi. Sehingga jangan sampai dalam memberikan pelayanan menjadi mundur, namun haruslah lebih baik atau minimal sama,” tegasnya.

ATB juga menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh BP Batam, yang sudah memberikan kepercayaan selama 25 tahun.

“Dalam memberikan kepercayaan dalam pelayanan, tentunya silahturahmi ini akan kami jaga. Seperti dalam pantun ‘kalau ada sumur di ladang boleh kita menumpang mandi. Kalau ada umur panjang, boleh dong kita ikut tender lagi,” Selorohnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala BP Batam, Purwiyanto mengatakan dengan berakhirnya pengelolaan air dari ATB ke BP Batam ini, maka BP Batam menyerahkan pengelolaan air di Batam kepada PT Moya Indonesia dalam bentuk Operasional dan Pemeliharaan (O&M).

Baca Juga  BP Batam Gelar Sosialisasi Pengembangan Kawasan BBKT

“Jadi kalau dulu ada namannya konsesi, kini disebut dengan O&M. Karena asetnya sudah diserahkan dari ATB ke BP Batam dan kemudian diserahkan kepada PT Moya Indonesia,” jelasnya.

Dan harapan yang paling utama dari ini semua adalah, tambahnya, bagaimana menjaga dan memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat di Batam agar lebih terjaga dan maksimal lagi.

“Untuk itu, semua pihak yang terkait diharapkan bisa bekerjasama dan Sinergi untuk mendukung tugas tersebut,” terangnya.

Disisi lain, Deputi VI Kemenko Perekonomian RI, Wahyu Utomo mengatakan bahwa dirinya menyampaikan dan menitipkan pesan dari Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto agar dengan adanya pengalihan operator air bersih ini, jangan sampai mengganggu Batam yang merupakan lokomotif investasi nasional.

Baca Juga  Warga Lobam Bestari Sebut Soerya - Iman Pemimpin Kepri yang Tepat

“Untuk itu, air adalah salah satu hal yang sangat penting untuk masyarakat dan industri. Sehingga Bapak Menko menegaskan jangan sampai adanya gangguan dalam penyediaan pelayanan air bersih di Batam,” tegasnya.

Pihkanya juga menyampaikan terimakasih kepada ATB yang sudah selama 25 tahun bersama BP Batam dalam melayani dan meningkatkan daya tarik dan saing di Kota Batam.

“Kami juga berharap Moya bisa lebih baik lagi dari ATB . Sehingga pelayanan yang diberikan oleh PT Moya di masa transisi 6 bulan ini, minimal sama dengan ATB,” terangnya. (Iman Suryanto)


DomaiNesia
UA-128167721-1