Home ยป KPU Batam Belum Ambil ‘Tindakan’ Terkait Penetapan Tersangka Terhadap Bacaleg Ini

KPU Batam Belum Ambil ‘Tindakan’ Terkait Penetapan Tersangka Terhadap Bacaleg Ini

IDNNews.id, Batam – Pasca-penetapan tersangka salah satu bakal Calon Legislatif (bacaleg) berinisial DL, oleh Satreskrim Polresta Barelang, membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam bereaksi .

Ketua KPU Batam Syahrul Huda mengaku sudah mengetahui kejadian tersebut. Namun pihaknya belum mengambil langkah terkait keikutsertaan DL dalam pemilu 2019 nanti.

Mengingat, saat ini nama DL masih tercantum di dalam Daftar Caleg Sementara (DCS) KPU Batam.

“Belum ada keputusan tetap dari pengadilan, maka status DL di dalam DCS masih belum berubah. Koordinasi dengan parpol pengusung pun belum kami lakukan hingga saat ini,” kata dia, Rabu (15/8).

IDNNews.id/Istimewa

Syahrul juga menambahkan nama DL akan dicoret atau diganti dengan nama caleg lainnya, jika yang bersangkutan mengundurkan diri atau melanggar tiga hukuman yang tertera dalam pakta integritas. Yakni pelecehan seksual terhadap anak, korupsi dan kasus narkoba.

Baca Juga  Disuntik Vaksin Corona, Lansia di Norwegia Meninggal Dunia

Ia menjelaskan, dalam tahap DCS saat ini, partisipasi masyarakat sangat diharapkan dalam menilai serta mengawasi nama-nama caleg yang diusung seluruh parpol. Setiap pelanggaran ataupun kecurangan yang dilakukan caleg dapat langsung diadukan ke KPU Batam.

“Terkait kasus DL itu, sampai saat ini kami belum menerima adanya aduan terkait nama caleg di dalam DCS. Tapi nanti mungkin ada, kan DCS berlaku selama 10 hari,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Bacaleg dapil Batamkota ini diduga melakukan tindak penipuan beberapa tahun yang lalu. Kasusnya pun mencuat setelah adanya laporan dari korban yang merasa telah tertipu.(*)


DomaiNesia