Home » KPU Luncurkan Tahapan Pilkada Anambas di Siantan

KPU Luncurkan Tahapan Pilkada Anambas di Siantan

IDNNews.id, Anambas – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Anambas melaksanakan Tahapan Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas Tahun 2020 di Lapangan Sulaiman Abdullah, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan pada Jumat (24/1/2020) malam.

Juvri Budi, Ketua KPU Anambas dalam sambutannya mengatakan, bahwa acara peluncuran Pilkada Anambas Tahun 2020 merupakan tahapan awal pilkada tahun 2020 sebagai tanda dimulainya proses tahapan Pilkada pada tanggal 23 September 2020 yang akan kita laksanakan.

“Terima kasih atas dukungan dan supot pemerintah dan masyarakat pada Pilkada 2019 kita mendapatkan penghargaan melakukan pesta demokrasi yang baik, aman dan tentram dari KPU Provinsi Kepri Kabupaten Kepulauan Anambas sudah,” ungkap Juvri sebagaimana dalam rilis yang diterima.

Baca Juga  Paslon ADA Komit Naikkan Tunjangan Guru, Bidan dan Perawat di Bintan

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Kepri Widiyono Agung, S ST, menjelaskan, Pilkada Tahun 2020 akan berlangsung secara profesional dengan sistem E-rekap dari setiap kecamatan sehingga mencegah kecurangan dan hilangnya suara pemilih.

“Dengan adanya E-rekap dalam Pilkada tahun 2020 ini, sesuai arahan KPU Pusat kepada setiap KPU Kabupaten/Kota hingga sampai ketingkat PPS harus profesional demi tercipta demokrasi adil dan jujur,” jelasnya.

Sistem E-rekap dapat mempermudah melihat terjadinya penyimpangan suara dan mempercepat proses rekapitulasi hitungan suara setiap TPS.

“Misalnya, di kelurahan ada 10 TPS, kemudian dimasukkan ke sistem E-rekap dan ada salah satu TPS yang diprotes dan dipermasalahkan, maka pada TPS tersebut langsung dihentikan sementara tanpa mengganggu rekap pada TPS lainnya,” papar Agung.

Baca Juga  Maknai Hari Sumpah Pemuda, Telkomsel Gelar Digital Creative Millennials 2020

Agung mengharapkan pemerintah daerah dapat membantu dan memfasilitasi ketersediaan jaringan internet di setiap kecamatan. Namun jika ada kecamatan yang belum tersentuh jaringan internet maka tetap dihitung secara manual.

Pada kesempatan yang sama Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris SH, menyampaikan, adanya pesta demokrasi dapat terlaksana dengan baik karena menurutnya pesta demkorasi 2020 ini merupakan gawai dari kita dan untuk kita.

“Imbauan saya, KPU Perbanyaklah untuk sosialisasi karena setiap periode setiap tahun pertumbuhan pertumbuhan masyarakat kita tentu juga baik yang datang keluar dan tumbuh dan lain sebagainya semua itu butuh petunjuk dan partisipasi kita semua,’ucap Haris. (*/rilis)


DomaiNesia

Berita Terkait