Home » Kunjungi Rempang Cate, Komunitas Kembara Bagikan Sembako untuk Janda, Jompo dan warga Suku Hutan

Kunjungi Rempang Cate, Komunitas Kembara Bagikan Sembako untuk Janda, Jompo dan warga Suku Hutan

IDNNews.id, Batam – Komunitas Kembara membagikan 30 paket sembako dalam kegiatan jalan-jalan mereka ke Kelurahan Rempang Cate, Kecamatan Galang, pada Minggu (11/10/2020).

Dari jumlah paket sembako tersebut, 23 diantaranya diserahkan pada Janda dan Jompo di Kampung Cate, 3 paket untuk warga Tanjung Colem, 4 paket sembako sisanya dibagikan di sela kunjungan rombongan komunitas beranggotakan pemuda-pemuda pesisir Batam ini ke tempat tinggal Suku Hutan yang tidak jauh dari Kampung Cate.

Seperti sebelumnya, pembagian sembako dilakukan dengan cara menyambangi langsung rumah-rumah warga janda dan jompo yang sebelumnya sudah didata sebagai penerima sembako yang terdiri atas beras, gula, mie instan, dan telur, dan bahan pokok lain yang memang dirasa menjadi kebutuhan bagi masyarakat itu.

Cara ini, kata Ketua Komunitas Kembara, Sutris Astari, memiliki peran besar menjaga semangat seluruh anggota Kembara untuk terus konsisten dalam agenda rutin berbagi ini.

Baca Juga  BP Batam Tingkatkan Dukungan Teknologi Informasi untuk Pelayanan Lalu Lintas Barang

Selain bisa bersilaturahmi dan berbagi yang menjadi agenda utama Kembara, lantunan doa dan ucapan syukur dari warga yang didatangi membawa kesan yang berbeda ketika mereka bisa langsung datang berbagi ke rumah-rumah.

“Doa dari mereka (janda dan jompo yang didatangi) memotivasi kawan-kawan Kembara, itu sebabnya kami selalu sempatkan untuk bagikan langsung, lebih berkesan,” kata Sutris di sela kegiatan berbagi di Kampung Cate.

Sedikit kegiatan yang dilakukan Kembara ini, harap Sutris, selain bisa membantu meringankan beban ekonomi masyarakat pesisir, semoga juga menjadi contoh bagi generasi muda untuk bisa menebar manfaat. Berkontribusi positif walaupun dilakukan dalam skala dan jangkauan yang terbatas.

“Kami ingin terus berlanjut, tidak apa-apa berbagi sedikit tapi terus menerus,” kata Sutris lagi.

Zahrin Rahmat, Bendahara Kembara yang juga ikut dalam rombongan tersebut menuturkan, program Kembara berbaagi di Rempang Cate kali ini hanya salah satu dari beberapa kegiatan berbagi Kembara. Selain program bulanan ini, Kemabara juga rutin menyambangi dua masjid membagikan kue setiap seminggu sekali, tepatnya di hari Jumat.

Baca Juga  JKN-KIS Jadi Asuransi Terbesar di Dunia, 90,86 Persen Warga Batam Telah Terdaftar

Dalam waktu dekat, Komunitas yang sudah bergerak berbagi sejak 5 tahun lalu ini juga akan memulai program berbagi 300 kotak makanan setiap bulannya, dengan perincian 150 kotak makanan akan dilakukan di minggu pertama dan 150 kotak lagi dibagikan di minggu ketiga setiap bulannya.

Selain program rutin yang telah berlangsung dan akan dilakukan itu, Kembara sebelumnya juga telah memulai kegiatan berbagi, memenuhi kebutuhan infrastruktur dan ekonomi warga yang memang dinilai layak menerima bantuan.

Kembara telah membangun Musola kecil di Kampung Tanjung Colem beberapa tahun lalu, melakukan perbaikan taman pengajian al-quran (TPA) di Kampung Pulau Panjang, Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang. Pada momen puasa dan lebaran, Kembara juga bergerak membagikan ratusan takjil ke kampung-kampung setiap harinya.

Baca Juga  Patroli Bea dan Cukai Gagalkan Aksi Penyelundupan Miras Ilegal di Pulau Nyamuk

Pada momen puasa dan lebaran 2020 lalu, Kembara berhasil menyalurkan riancian paket yang berhasil menyalurkan sebanyak 2.700 paket takjil berbuka; 253 paket sembako; dan 150 Kilogram (Kg) Buah Kurma.

Ke depan, dengan dukungan tetap dari Yayasan Cahaya Internasional Aid, Indobox Asia Jaya, Ghifari Events Management dan Komplexiti dari Singapura Kembara juga akan menyusun rencana berbagi dengan cara berbeda dari sebelumnya.

Kembara akan memfasilitasi anak yatim piatu untuk memenuhi kebutuhan mereka menyambut lebaran mendatang. Anak-anak yang tidak beruntung tersebut akan dibawa berbelanja dan memilih langsung pakaian mereka sendiri.

“Kita akan siapkan dulu untuk kegiatan berikutnya, termasuk mendata anak yatim piatu yang akan kita bantu,” kata Zahrin. (***/bobi)


DomaiNesia

Berita Terkait