Home » Ledakan Bom hingga Penyanderaan Ketua KPU Warnai Sispam Kota Pemilu 2019

Ledakan Bom hingga Penyanderaan Ketua KPU Warnai Sispam Kota Pemilu 2019

IDNNews.id, Batam – Suasana menegangkan terekam dengan jelas di kawasan Temenggung Abdul Jamal, Muka Kuning, Batam pada Rabu(20/3/2019) pagi.

Saat itu, ratusan pria bersenjata lengkap jenis parang, batu hingga senjata api terlihat menyemut di sebuah bangunan sambil berteriak, bersitegang dan terlibat bentrokan dengan petugas keamanan. Sementara itu, sejumlah pria yang tak dikenal lainnya, terlihat melakukan penyanderaan dan penculikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari kantornya ke sebuah lokasi yang tidak diketahui keberadaannya.

Rentetan suara tembakan ke udara, gas air mata hingga penurunan pasukan K9 ke lokasi pun membuat suasana kian tegang. Namun puluhan aparat kepolisian dan TNI bersenjata lengkap berusaha membebaskan korban.

Baca juga :

Baca Juga  Jelang Pilkada, Pjs Wali Kota Tinjau Persiapan di KPU Batam

Aksi kejar mengejar dengan pelaku penculikan seperti di film action pun terjadi. Hingga pada akhirnya, petugas keamanan mengepung lokasi penyanderaan dengan diiringi baku tembak hingga berujung ancaman bom hingga serangan senjata pemusnah massal yang dilakukan oleh teroris.

Lalu-lalang helikopter juga mewarnai aksi pengamanan dengan menurunkan personel petugas pengamanan dalam mengepung dari atas tempat penyanderaan. Aksi menegangkan tersebut baru berakhir, setelah pasukan taktis menyerbu sebuah bangunan dan berhasil meloloskan Ketua KPU Batam dari sekapan, dengan korban jiwa dari teroris.


pria yang tak dikenal lainnya, terlihat melakukan penyanderaan dan penculikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) (Foto : IDNNews.id/Iman Suryanto)

Hal tersebut merupakan aksi Tactical Floor Game (TFG) Dalam rangka Sispam Kota Pemilu 2019 yang digelar Polda Kepri dengan melibatkan ratusan personel Polri, TNI dan masyarakat.

Baca Juga  BP Batam Gelar Sosialisasi Pengembangan Kawasan BBKT

Kabid Supervisi Operasi Mantab Brata 2019 Mabes Polri Brigjen Pol. Drs. Suryanbodo Asmoro saat ditemui awak media, Rabu(20/3/2019) mengapresiasikan simulasi yang sudah dilakukan seluruh jajaran.

Baca juga :

“Kami dari tim supervisi melihat, pelaksaaan hari ini sudah sangat bagus dan kami mengaperesiasi semua petugas yang terlibat. Mulai dari Polri, TNI dan masyarakat,” jelasnya.


ratusan pria bersenjata lengkap jenis parang, batu hingga senjata api terlihat menyemut di sebuah bangunan sambil berteriak (Foto : IDNNews.id/Iman Suryanto)

Ia pun menyampaikan terima kasih atas aspirasi dari seluruh peserta sehingga terlaksananya simulasi ini.

“Acara ini, sangat bagus dan luar biasa. Dan saya minta, khususnya para petugas dan para pimpinan agar bisa lebih maksimal lagi dalam kondisi sebenarnya dalam mengusai situasi apa dan mana serta objek dari pengamaan itu sendiri. Dan seluruh anggota harus berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa, agar setiap pelaksanaan tugas nantinya selalu mendapat lindungan, kelancaran dan kesuksesan,” jelasnya.

Baca Juga  Hasil Investigasi Pendidikan, Diduga Ijazah Calon Petahana Wali Kota Batam Palsu

Dan kegiatan ini juga, tambahnya, ini semua sebagai bentuk menunjukkan kepada khalayak ramai bahwa Polri, TNI dan stake holder lainnya, siap melakukan pengamanan Pemilu 2019.


Wakapolresta Barelang AKBP Mudji Supriyadi mengatakan simulasi Sispam sebagai bentuk melihat persiapan seluruh personel (Foto : IDNNews.id/Iman Suryanto)

Hal senada juga diungkapkan Wakapolresta Barelang AKBP Mudji Supriyadi yang mengatakan simulasi Sispam Kota Pemilu 2019 tersebut sebagai bentuk melihat persiapan seluruh personel dalam menghadapi Pileg dan pemilu 2019 mendatang.

“Harapan kami, semuanya dilatih sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing.sehingga kita siap dalam pengamanan pemilu mendatang,” jelasnya. (Iman Suryanto)


DomaiNesia
UA-128167721-1