Home ยป Legislatif di Kepri Terima Vaksinasi Covid-19. Widiastadi: Seperti Digigit Semut Aja

Legislatif di Kepri Terima Vaksinasi Covid-19. Widiastadi: Seperti Digigit Semut Aja

IDNNews.id, Tanjungpinang – Puluhan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menerima vaksinasi Covid-19.

Proses pemberian vaksin tersebut, diketahui dilangsungkan di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur Kepri, Pulau Dompak, Tanjungpinang pada Senin (1/3/2021) pagi.

Tercatat, ada sejumlah pejabat yang juga turut menerima vaksinasi tahap kedua kepada TNI/Polri, Pimpinan dan Anggota DPRD, Instansi Vertikal, Satgas Covid-19, Tokoh Masyarakat, Lansia hingga awak media.

Diantaranya, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kepri Widiastadi Nugroho yang menerima Vaksin Covid-19 tersebut.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sebelum menerima vaksin para penerima menjalani pengecekan kesehatan terlenbih dahulu. Mulai dari Tensi dan sebagainya.

Setelah dinyatakan sehat, maka penerima vaksin langsung menjalani proses injeksi.

“Iya hari ini, saya menerima Vaksinasi Covid-19 di Kantor Gubernur Kepri. kalau ditanya rasanya, ‘Cekit’ (Seperti Digigit semut,red) gitu aja. Kaget aja tapi ngak sakit,” jelas Politisi PDI Perjuangan ini.

Baca Juga  Komitmen Tanggung Jawab Sosial, PGN Raih Penghargaan Top CSR Awards 2021

Disela-sela menunggu giliran, pria yang akrab disapa Iik ini menegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 ini merupakan salah satu upaya agar Indonesia dapat keluar dari pandemi Covid-19.

“Ini menjadi langkah awal untuk kita keluar dari pandemi Covid-19, dan (kita) bisa melakukan aktivitas sehari-hari untuk secara normal. Indonesia kembali berjalan menuju Indonesia yang lebih maju,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, kegiatan vaksinasi Covid-19 kini telah memasuki tahap kedua dengan sasaran antara lain tenaga pendidik, pedagang pasar, jurnalis, serta wakil rakyat yang meliputi anggota DPR, DPD, dan DPRD.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Mochammad Bisri menyampaikan sasaran vaksinasi tahap kedua di daerah itu sebanyak 265.229 orang.

Baca Juga  Telkomsel Tambah Investasi US$300 Juta ke Gojek

Dari jumlah tersebtu terdiri dari kelompok lansia dan petugas publik. Bisri menyampaikan vaksinasi tahap dua direncanakan mulai awal Maret dan ditargetkan rampung Mei 2021.

“Mudah-mudahan distribusi vaksin Sinovac pusat ke daerah lancar. Karena, dalam satu hari kita bisa melakukan vaksin terhadap 30 ribu orang,” kata Bisri di Tanjungpinang.

Bisri menyampaikan vaksin sinovac tahap kedua mulai didistribusikan ke Kepri Rabu 23 Februari 2021. Dikatakannya vaksinasi awal untuk tahap kedua akan menyasar sekitar 16 ribu penerima, meliputi lansia, TNI-Polri, dan pejabat publik.

“Satu orang disuntik dua kali vaksin, artinya vaksin sinovac yang tiba besok dua kali lipat dari itu atau sekitar 32 ribu vial,” imbuhnya.

Baca Juga  Polda Kepri Amankan Pelaku Tindak Pidana Pornografi dan ITE

Lebih lanjut, Bisri menyampaikan saat ini vaksinasi tahap awal untuk tenaga kesehatan masih terus berjalan dan ditargetkan selesai akhir Februari 2021.

Menurut Bisri sampai sejauh ini capaian vaksinasi tenaga kesehatan di Kepri cukup tinggi.Dari total 17 ribu tenaga kesehatan se Kepri, kata dia, sudah 83 persen yang divaksinasi pertama, dan 76 persen vaksinasi kedua.

“Kalau tidak ada tenaga kesehatan komorbid (penyakit penyerta). Capaian vaksinasi tenaga kesehatan Kepri mungkin sudah di angka 96 persen,” demikian Bisri.

Bisri pun memastikan sampai saat ini belum ada laporan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang dialami oleh tenaga kesehatan Kepri usai disuntik vaksin sinovac. (Iman)


DomaiNesia