Home » Libur Panjang, Jumlah Penumpang di Bandara Hang Nadim Batam Meningkat

Libur Panjang, Jumlah Penumpang di Bandara Hang Nadim Batam Meningkat

IDNNews.id/Iman Suryanto, Suasana Arus Mudik di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kamis (30/5/2019)

IDNNews.id, Batam – Dampak cuti bersama serta adanya stimulus yang diberikan pemerintah untuk tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) atau Passenger Service Charge (PSC), memunculkan lonjakan penumpang di sejumlah Bandar Udara (Bandara). Salah satunya Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Mengingat, banyak dari masyarakat memanfaat momen tersebut untuk bepergian ke sejumlah daerah wisata.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara dan Tehnologi Informasi Komunikasi (BUBU TIK) Hang Nadim Batam, Suwarso saat dikonfirmasi IDNNews.id, Sabtu (31/10/2020) membenarkan hal tersebut.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso
Direktur Badan Usaha Bandar Udara dan Tehnologi Informasi Komunikasi (BUBU TIK) Hang Nadim Batam, Suwarso

Menurutnya, berdasarkan data lalu lintas pergerakan penerbangan sejak beberapa hari terhitung 27 Oktober hingga 30 Oktober 2020, arus penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam menggalmi peningkatan secara signifikan, jika dibandingkan sebelumnya.

Baca Juga  HUT ke-49 Korpri, ASN Dituntut unruk Cepat, Tepat, dan Hebat

“Berdasarkan data kita sejak 27 hingga 30 Oktober 2020 atau di musim liburan bersama ini ada sedikit peningkatan dibandingkan sebelumnya. Rata-rata jumlah penumpangnya dalam satu hari 2.500-an hingga 4.000-an penumpang,” jelasnya.

Pihaknya pun mencatat, pada 27 Oktober 2020, diketahui sebanyak 27 jadwal penerbangan yang datang ke Batam dan 27 penerbangan dari Batam. Dengan jumlah penumpang yang datang ke Batam mencapai 3.137 orang dan 3.928 orang yang berangkat dari Batam.

Sementara pada 28 Okober, ada 29 jadwal penerbangan yang datang dan berangkat 29 jadal penerbangan dari Batam. Dengan jumlah penumpang Datang mencapai 4.135 orang dan 4.499 orang berangkat.

“Di tanggal 29 Oktober, diketahui 28 jadwal pesawat yang berangkat dan tiba di Batam. Dengan jumlah penumpang datang sebanyak 3.573 orrang dan 3.799 orang yang datang,” terang Suwarso lagi.

Baca Juga  Inginkan Perubahan, 'Mba Yu’ Jamu Gendong Se-Karimun Kompak Pilih SInergi Kepri di Pilkada

Disisi lain, pada tanggal 30 Oktober 2020, Ada 28 jadwal datang pesawat dan 27 jadwal pesawat yang berangkat. Sementara jumlah penumpang yang datang mencapai 2.933 orang dan 3.093 orang yang berangkat.

Pihaknya pun menegaskan, selama periode libur panjang tersebut Bandara Internasional Hang Nadim Batam juga telah mengantisipasi peningkatan jumlah pergerakan penumpang terutama terkait penerapan protokol kesehatan di bandara.

IDNNews.id/Iman Suryanto, Suasana di Bandara Internasional Hang Nadim Batam

Program yang telah berjalan selama masa adaptasi kebiasaan baru tetap dijalankan dengan konsisten, yakni pemeriksaan suhu tubuh dengan thermo scanner, pemasangan dispenser cairan pembersih tangan, pengaturan jarak di ruang tunggu, pemasangan stiker pembatas jarak antrian, hingga pembentukan tim sinergitas untuk patroli penerapan protokol kesehatan. (Iman Suryanto)


DomaiNesia