Home » Lima Komisioner Bawaslu Batam Direhabilitasi oleh DKPP

Lima Komisioner Bawaslu Batam Direhabilitasi oleh DKPP

IDNNews.id, Batam – Lima komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam direhabilitasi oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dalam sebuah sidang yang digelar di Jakarta pada Rabu (20/11/2019).

Rehabilitasi tersebut, tertuang dalam Surat bernomor 180-PKE-DKPP/VII/2019 dari DKPP. Dimana kelima penyelenggara pengawasan pemilu tingkat kota yang rehabilitasi tersebut adalah, Syailendra Reza, Bosar Hasibuan, Helmy Rachmayani, Mangihut Rajagukguk, dan Nopialdi.

Berdasarkan keputusan diatas, maka DKPP menyatakan berwenang mengadili pengaduan pengadu. Pengadu juga memiliki kekuatan hukum untuk mengajukan gugatan.

“Berdasarkan pertimbangan tersebut diatas, memutuskan dan mengabulkan pengaduan pengadu. Menjatuhkan sanksi merehabilitasi kepada Syailendra Reza, Mangihut Rajagukguk, Bosar Hasibuan, Helmy Rachmayani dan Nopialdi,” kata hakim DKPP di dalam persidangan.

Sebagaimana diketahui, sidang yang dihadiri 7 anggota DKPP ini digelar di Ruang Sidang DKPP, Lantai 5, Jl. M.H. Thamrin, No. 14, Jakarta, Rabu, 20 November 2019, Pukul 13.30 WIB

Sidang pembacaan putusan KPU dan Bawaslu Batam digelar adalah agenda sidang putusan 18 perkara kode etik Penyelenggara Pemilu (KEPP).

Putusan mejelis sidang DKPP yang beranggotakan 7 orang ini, dilakukan serentak untuk memutuskan 18 perkara kode etik lembaga penyelenggara pemilu level provinsi, dan kabupaten/kota,

Sebagaimana diketahui, rehabilitasi lima anggota Bawaslu Batam ini karena telah melakukan pelanggaran kode etik terhadap Caleg Kota Batam dari dapil III Partai Gerindera, M Yunus.

Laporan yang dilayangkannya tersebut karena adanya dugaan tidak menjalankan proses penyelidikan terlebih dahulu atas laporan adanya unsur politik uang oleh caleg yang dilaporkan ke Bawaslu.(*)

sumber: Tribun

Baca Juga  Mewaspadai Virus Corona, Bandara Hang Nadim Batam Pasang Alat Canggih

DomaiNesia

Berita Terkait