Home » Maksimalkan Kualitas Layanan, Telkomsel Lakukan Uji Jaringan Jelang Naru

Maksimalkan Kualitas Layanan, Telkomsel Lakukan Uji Jaringan Jelang Naru

IDNNews.id, Jakarta – Guna menghadapi momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (NARU), Telkomsel telah menjalankan drive test atau uji jaringan, dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di setiap wilayah.

Tercatat total jarak tempuh uji jaringan kali ini mencapai 14.008 km, yang mencakup 26 ruas tol (termasuk yang baru beroperasi) di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Direktur Network Telkomsel Hendri Mulya Syam saat jumpa pers secara online dengan awak media pada Senin (14/12/2020) mengatakan, dalam proses drive test atau uji jaringan tersebut, Telkomsel menggunakan enam parameter dalam menilai kualitas jaringan. Yaitu Coverage, Call Setup Success Rate (CSSR), Call Completion Success Rate (CCSR), Call Setup Time (CST), Mean Opinion Score (MOS), dan Data Throughput.

Baca Juga  ATB Bentuk BD, Mitra Terbaik Sehatkan PDAM Indonesia

Berdasarkan parameter tersebut, drive test yang dilakukan memberikan hasil yang baik, dengan perolehan data Coverage 100%; CSSR 98,73%; CCSR 99,26%; CST 6,61 detik; MOS ≥ 3 90,99%; dan rata-rata Data Throughput mencapai 12,92 Mbps.

“Untuk pengawasan dan pengamanan rutin terhadap performa jaringan, Telkomsel kembali menerapkan virtual operation dan virtual monitoring yang telah sukses dijalankan pada Ramadan dan Idul Fitri 1441H lalu. Upaya ini dilakukan untuk mendukung imbauan pemerintah dalam menerapkan physical distancing saat proses bekerja sekaligus meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan jaringan,” jelasnya.

Telkomsel juga turut melengkapi para petugas lapangan dengan alat pelindung diri (APD) untuk menjaga keselamatan dan kesehatan mereka.

Baca Juga  Pemko Bakal Tata Kawasan Galang hingga Batuaji. 'Akan Ada Air Mancur di Bundaran'

Virtual operation dan virtual monitoring untuk Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dijalankan dengan menggelar 59 Posko Virtual yang dikawal langsung oleh 1.350 personel dari internal Telkomsel dan didukung 35 tim mitra strategis beranggotakan 767 orang.

“Telkomsel juga terus memantapkan peta jalan (roadmap) implementasi 5G di Indonesia dengan memperluas cakupan jaringan VoLTE, yang kini dapat dinikmati pelanggan di 48 kabupaten/kota yang tersebar di wilayah Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi,” terangnya.

Kehadiran VoLTE Telkomsel dengan cakupan yang lebih luas dan didukung sinergi dengan para penyedia ponsel pintar yang mendukung layanan VoLTE memungkinkan lebih banyak pelanggan untuk mendapatkan pengalaman menelepon yang lebih baik dan jernih berkat jaringan 4G LTE terdepan dan terluas dari Telkomsel.

Baca Juga  Polres Tanjungpinang Akan Selidiki Gelper Tanpa Prokes

“Pelanggan pun bisa bebas berselancar, membuka berbagai aplikasi, streaming video, hingga bermain game saat masih dalam panggilan VoLTE,” terangnya. (Iman Suryanto)


DomaiNesia