Home ยป Mantapkan Pengembangan Lokasi Berprioritas, BNPP Bakal Kunjungan Kerja ke Anambas

Mantapkan Pengembangan Lokasi Berprioritas, BNPP Bakal Kunjungan Kerja ke Anambas

IDNNews.id, Anambas – Dalam rangka mempercepat pembangunan kawasan perbatasan negara, khususnya di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) akan melakukan kunjungan kerja (Kunker).

Kunker ini sengaja dilakukan sebagai bentuk mengidentifikasi atau menginventarisasi beberapa program ataiu kegiatan prioritas pembangunan kawasan perbatasan berbasis Lokasi prioritas (Lokpri).

Hal tersebut tertuang dalam sebuah surat BNNP yang ditandatangi oleh Pelaksana tugas Sekretaris BNPP Drs. Suhajar Diantoro, M.Si.

Sebelumnya, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan mengkoordinasikan Kementerian/Lembaga dan Gubernur Provinsi, yang wilayahnya berbatasan dengan negara tetangga, untuk mengembangkan daerah perbatasan di 157 kecamatan dalam kurun waktu lima tahun kedepan.

Demikian disampaikan Kepala BNPP yang juga Mendagri, Tito Karnavian, usai menghadiri Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat bersama dengan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Ruang Rapat Komisi II, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2020).

“Nah kemudian kita juga mengembangkan daerah perbatasan 157 kecamatan perbatasan. Kita akan kembangkan dengan (cara) kita mengidentifikasi mereka memerlukan apa, potensi berkembangnya seperti apa, membentuk tim-tim kecil nanti kita paparan depan Presiden supaya mengundang K/L terkait dengan para kepala daerahnya Gubernur supaya mereka semua kita keroyok ramai-ramai 157 kecamatan selama lima tahun ini kita clear-kan,” ujar Menteri Tito.

Langkah tersebut menurut Menteri Tito sesuai dengan konsep yang pernah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo yaitu membangun Indonesia dari perbatasan.

“Karna sesuai dengan konsep Bapak Presiden kita mengembangkan dari daerah perbatasan, disamping untuk pemerataan pembangunan perbatasan, pedesaan juga menjadi bumper zone daerah bamper untuk pertahanan kita,” pungkasnya.(Iman Suryanto)


DomaiNesia

Berita Terkait