Home » Meminimalkan Jarak dan 2 Kali Lebih Cepat, Bukalapak dan Lion Parcel Jalin Kerjasama

Meminimalkan Jarak dan 2 Kali Lebih Cepat, Bukalapak dan Lion Parcel Jalin Kerjasama

IDNNews.id, Batam – Maraknya transaksi digital yang sejalan dengan pesatnya pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia, semakin terlihat memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian masyarakatnya.

Hal ini jugalah yang mendasari Bukalapak dan Lion Parcel mengumumkan kerjasama pengiriman barang antar pulau, untuk UMKM di Indonesia, dengan mengadakan jalur khusus untuk pelapak yang didukung oleh armada Lion Air Group melalui Lion Parcel.

Dengan adanya kerjasama ini, dipastikan akan memajukan daya saing pelapak. Mengingat, akan terciptanya sistem pengiriman yang cepat dan efisien di lebih dari 500 kota di Indonesia.

Dengan dibukanya jalur khusus melalui Lion Parcel, pengiriman barang di Bukalapak dijamin 2 kali lebih cepat dibandingkan jasa pengiriman lain untuk 30 rute pengiriman antar pulau ke berbagai kota di Indonesia.

Farian Kirana, CEO Lion Parcel disela-sela pengumuman kerjasama tersebut berkisah, asal muasal terjalinnya sebuah komunikasi antar pihaknya dengan Bukalapak. Dimana dalam pembicaraan tersebut, memunculkan sebuah tantangan baru dalam meberikan pelayanan yang cepat, mudah dan terjangkau dalam hal pengiriman barang. Khususnya dari E-Commerce.

“Dari situlah, munculnya kerjasama ini. Intinya adalah, bagaimana kita meminimalkan jarak dalam hal pengiriman logistik antar pulau, akan tetapi proses pengirimannya dalam hitungan jam atau ibaratkan seperti pengiriman dalam kota,” jelas Farian.

Ia pun mengaku sangat optimis. Dengan menggandeng E-Commerce seperti Bukalapak, pihaknya dapat semakin terkoneksi dengan jaringan pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk di daerah pelosok sekalipun, yang membutuhkan jasa logistik dan pengiriman yang dapat diandalkan.

“Kami sangat optimis bisa ambil bagian penting ini. Terlebih dengan hadirnya fitur unggulan, berupa jaminan pengiriman 2 kali lebih cepat dibandingkan jasa pengiriman lain,” terangnya.

Baca Juga  Daftar Lengkap 34 Calon Menteri yang Sudah Dipanggil Jokowi

Sementara itu, Fajrin Rasyid President dan Co-Founder Bukalapak menegaskan bahwa dengan adanya kerjasama ini, kiranya dapat mengatasi masalah pengiriman barang antarpulau untuk para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Dia menambahkan selama ini Bukalapak fokus untuk selalu mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi para pelapak. “Kami memilih untuk bersinergi dengan Lion Parcel yang memiliki 230 armada pesawat dan 210 rute penerbangan antar pulau di Indonesia,” tutur Fajrin.

Untuk itu, dengan terjalinnya kerjasama ini diharapkan dapat memberikan solusi kelangsungan bisnis bagi para UMKM di Bukalapak. “UMKM ini tersebar di 34 provinsi, 492 kota, dan hampir seluruh pulau di tanah air,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan hasil penelitian oleh Supply Chain Indonesia (SCI) yang dilansir oleh PwC, pada tahun 2017 biaya logistik di Indonesia masih tergolong tinggi hingga mencapai 23.5 persen dari biaya manufaktur.

Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan negara-negara ASEAN lain seperti Vietnam (15 persen), Thailand (13.2 persen), Malaysia (13 persen) dan Singapura (8.1 persen).

Dan kerjasama Bukalapak dan Lion Parcel memberikan solusi kelangsungan bisnis bagi para pelaku usaha kecil dan menengah di Bukalapak yang tersebar di 34 provinsi, 492 kota dan hampir seluruh pulau di tanah air. (Iman Suryanto)


DomaiNesia

Berita Terkait