Home » Mengembalikan Pulau Penyengat Sang Indra Sakti ‘Ala’ Soerya Respationo

Mengembalikan Pulau Penyengat Sang Indra Sakti ‘Ala’ Soerya Respationo

IDNNews.id, Tanjungpinang – Disela-sela melakukan ziarah ke makam-makam leluhur dan tokoh-tokoh melayu yang ada di Kota Gurindam, khususnya Pulau Penyengat, Tanjungpinang, Provinsi Kepri pada Jumat (9/10/2020) pagi, tercatat beberapa hal yang akan dilakukan Calon Gubernur Kepri HM Soerya Respationo.

Mengingat, Pulau Penyengat merupakan sebuah pulau yang hanya berjarak 2 Kilometer (km) di seberang Tanjung Pinang, Ibu kota Provinsi Kepulauan Riau.

Pada abad ke-18, pulau ini merupakan lokasi pemerintahan Kesultanan Johor-Riau dengan istana perpaduan arsitektur Jawa dan Belanda.

Karena merupakan pusat pemerintahan Kesultanan Johor-Riau, di pulau ini banyak ditemui berbagai peninggalan Kesultanan Johor-Riau.

Oleh karenanya, Pria yang berpasangan dengan Iman Sutiawan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kepri dan telah mengantongi nomor urut 1 ini, telah memiliki sebuah konsep yang bakal membenahi Pulau Penyengat menjadi lebih menarik.

Baca Juga  KPID Kepri : Pelaksanaan Debat dan Iklan Pilkada Harus di Lembaga Penyiaran Berizin

“Di mata saya, Pulau Penyengat adlah sebuah pulau yang sangat khusus. Dimana disini merupakan tempatnya Kerajaan Melayu. Dan melayu sendiri merupakan simbol Islam. Oleh karena itu, Pulau Penyengat akan kita tata menjadi sebuah konsep pulau yang sangat menarik nantinya,” jelas pria yang akrab disapa Romo Soerya ini.

Penataan yang dimaksud adalah, dengan melakukan pembangunan infrastruktur yang sangat kental dengan Melayu di Pulau Penyengat, Sepertinya, dengan membangun Rumah Adat Melayu, peningkatan kualitas jalan hingga meningkatkan pemberdayaan masyarakat di Pulau Penyengat.


DomaiNesia

Berita Terkait